31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Berkunjung ke Kalitekuk, Sentra Kerupuk Tayamum di Demak

BETANEWS.ID, DEMAK – Dukuh Kalitekuk, Desa Ngaluran, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak terkenal dengan pusat industri kerupuk tayamum atau kerupuk yang digoreng menggunakan pasir. Di sana, hampir 80 persen warganya mengantungkan penghasilan dari dunia kerupuk, mulai dari pembuat, penjual kerupuk mentah, sampai yang matang.

Salah satu produsen kerupuk mentah Isnaini Afidah atau Apit (37) mengatakan, terdapat tiga jenis kerupuk yang ia sediakan, yakni kerupuk empat lubang, kerupuk kecil-kecil atau ya uuk, dan kerupuk panjang atau semprong.

Proses penggorengan kerupuk tayamum di Dukuh Kalitekuk Demak. Foto: Sekarwati

“Untuk rasa asin harganya Rp12,5 ribu per kilogram, kalau yang bumbu komplet Rp13 ribu per kilogram. Kerupuknya bisa digoreng pakai pasir dan minyak,” katanya pada betanews.id, Jumat (23/12/2022).

-Advertisement-

Baca juga: Sehari Bisa Habiskan Tiga Ton Tepung untuk Produksi Kerupuk Saluyu

Apit menerangkan, sekali produksi ia bisa menghasilkan kerupuk basah hingga 3-4 kuintal. Kerupuk itu sudah jadi langganan bakul dan warga biasa di berbagai daerah.

“Pelanggannya ada yang dari warga sini, Dempet, luar daerah juga ada, seperti Magelang, Rembang, Surabaya. Selain itu ada yang dari luar Jawa terus mau pulang untuk oleh-oleh dari Sumatera, Sulawesi, Kalimantan,” terangnya.

Tidak hanya Apit, kakaknya Mahmudah (39) juga seorang produsen kerupuk. Bedanya Mahmudah hanya menyediakan kerupuk matang,yaitu kerupuk ya uuk, semprong, dan sidoarjonan.

Baca juga: Kerupuk Kulit Paquita, Rasanya Lebih Gurih dan Bikin Nagih

Berbeda dengan dulu, kini menggoreng kerupuk tayamum telah menggunakan mesin seperti molen. Pasir yang telah dipanaskan kemudian diberi kerupuk mentah dan diputar hingga mengembang.

“Sekali goreng bisa 1,5 kuintal  kerupuk. Pas ramai 2 kuintal pas bulan maulid dan mendekati hari Lebaran,” jelasnya.

Sedangkan untuk kerupuk matang, Mahmudah menjualnya mulai harga Rp18-19 ribu per kilogram. Pelanggannya kebanyakan dari bakul pasar yang membelinya secara langsung ke rumah.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER