31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSSukses Tangani Inflasi,...

Sukses Tangani Inflasi, Kudus Dapat Insentif Rp10,4 Miliar dari Pemerintah Pusat

BETANEWS.ID, KUDUS – Kabupaten Kudus mendapat pujian dan hadiah dari Pemerintah Pusat berupa dana insentif sebesar Rp10,4 miliar atas keberhasilan menangani inflasi. Dana itu diberikan setelah Kota Kretek berhasil mauk 10 besar daerah di Jawa Tengah yang bisa menekan laju inflasi.

Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan, dana tersebut akan digunakan untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat melalui festival pasar rakyat yang akan digelar di 9 Kecamatan. Di acara itu, pihaknya akan menghadirkan pelaku UMKM lokal dengan menyuguhkan produk unggulan untuk dipasarkan.

“Dana insentif (dari reward) ini akan kami gunakan untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di seluruh Kecamatan dengan membuka Festival Pasar Rakyat. Tentunya dengan menggandeng pelaku UMKM lokal,” jelasnya ketika membuka Festival Pasar Rakyat di Lapangan Desa Kedungdowo, Kaliwungu Kudus, Jumat (25/11/2022) malam.

Baca juga: Ribuan Imam, Khatib, dan Marbut di Kudus Dapat Bantuan Totalnya Rp3,58 Miliar

Dirinya berharap, dengan banyaknya aktivitas ekonomi masyarakat akan menumbuhkan kembali perekonomian di Kabupaten Kudus, sehingga upaya menekan laju inflasi dapat dipertahankan.

“Selain untuk gelaran pasar rakyat, reward yang di dapat Kabupaten Kudus juga digunakan untuk menggelar pasar murah untuk masyarakat dalam rangka membantu pengendalian inflasi,” jelasnya.

Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan mengatakan, festival pasar rakyat akan digelar selama 3 hari, mulai 25-27 November. Gelaran tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat, mengingat sudah dua tahun lebih ditiadakan akibat pandemi covid-19.

Baca juga: Renovasi 6 Ruang Kelas SDN 1 Terban Habiskan Anggaran Rp317 Juta

“Kegiatan ini sebagai promosi UMKM dengan produk unggulan, juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menekan laju inflasi di Kudus khususnya Kaliwungu. Selain itu juga untuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” sebutnya.

Satria membeberkan, Festival Pasar Rakyat itu diikuti 75 pelaku UMKM dari 15 desa di Kecamatan Kaliwungu dan 50 peserta dari kecamatan lain.

“Total ada 125 pelaku UMKM dari wilayah kita dan Kecamatan lain. Juga turut dimeriahkan dari pedagang sekitar lapangan,” sebutnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler