31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSKPU Kudus Segera...

KPU Kudus Segera Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Simak Tanggal dan Syaratnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus akan membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 20 Desember 2022. Pendaftaran akan dilakukan secara daring, melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah menjelaskan, syarat yang harus dipenuhi pendaftar meliputi: Pendaftar bukan anggota partai politik minimal selama lima tahun; Usia minimal 17 tahun; Pendidikan SMA sederajat; dan data diri lainnya. Aparatur Sipil Negara (ASN) dan jabatan profesi lainnya diperbolehkan untuk daftar.

“Jadi bagi mereka yang pernah jadi anggota partai, apalagi sekarang namanya tertera ada di dalam Sipol (Sistem informasi partai politik), ya mohon maaf kemungkinan harus TMS (tidak memenuhi syarat),” beber Syarifah saat ditemui di kantornya, Selasa (15/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Masan Sebut untuk Maju Pilbup Kudus Minimal Punya Modal Rp 50 M, Uang ‘Sawerannya’ Segini

Syarifah lantas menjelaskan cara mendaftar di Aplikasi SIAKBA. Para pendaftar tinggal menginput dan meng-uploud berkas di aplikasi SIAKBA. Kemudian dalam waktu 1 X 24 jam, pendaftar  akan mendapat balasan terkait kelengkapan data yang dimasukkan.

Ketika berkas para pendaftar itu masih kurang lengkap, mereka bisa langsung melengkapi sampai batas waktu yang ditentukan. Hal itu tentu berbeda ketika pendaftaran dilakukan secara offline, pendaftar mengirimkan secara langsung berkasnya ke kantor KPU Kudus, jika ada yang kurang mereka harus kembali lagi.

“Jadi mendaftar melalui aplikasi SIAKBA lebih efisien waktu karena tidak harus datang secara fisik ke kantor KPU Kudus. Apalagi bagi mereka yang memang sudah bekerja sebelumnya,” ujar Syarifah.

Baca juga: Bupati Kudus Tegaskan ASN Tidak Netral Dalam Pemilu Bisa Dipecat

Setelah pendaftar nanti lolos secara administrasi SIAKBA maupun secara offlinenya dengan pemeriksaan fisik berkas, kemudian pendaftar tersebut bisa ikut tes tertulis. Di sini pihaknya memilih tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Rencana untuk tes tertulis kami memakai sistem CAT. Setelah itu, yang lolos akan dilakukan tes wawancara,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler