31 C
Kudus
Senin, Mei 13, 2024

Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 1001 Meter Meriahkan Peringatan Hari Pahlawan di Semarang

BETANEWS.ID, SEMARANG – Semangat patriotisme di Hari Pahlawan terus digaungkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Terutama saat menghadiri kegiatan Hari Pahlawan di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Kamis (10/11/2022).

Ganjar mengenakan baju adat dan didampingi Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen khidmat mengikuti rentetan acara. Seperti menyaksikan kirab bendera merah putih sepanjang 1001 meter hingga doa untuk bangsa bersama perwakilan masing-masing agama. Setelah sebelumnya, Ganjar memimpin upacara Hari Pahlawan.

“Yang berbuat, berkorban bekebaikan, ya negara, ya kemanusiaan,” kata Ganjar menggambarkan sosok pahlawan masa kini.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Hartopo: ‘Jadikan Pahlawan Sebagai Inspirasi dalam Merawat Toleransi’

Bendera sepanjang 1001 meter mampu membuat kagum Ganjar. Beberapa kali, gubernur antusias dengan bertepuk tangan melihat para pelajar hingga peserta lain membawa bendera.

Menurut Ketua Kirab Merah Putih, Adhi Siswanto Wisnu Nugroho, kirab dilakukan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

“Serta untuk membangkitkan rasa nasionalisme, dan patriotisme ke generasi penerus bangsa. Kami terima kasih sekali didukung Pemprov Jateng, Pemkot Semarang dan semua pihak,” kata Adhi.

Dia mengatakan, kirab ini mengarak bendera sepanjang 1001 meter yang hari ini dibawakan pelajar, pramuka, mahasiswa, dan diiringi elemen organisasi kemasyarakatan pemuda, orgasme, ASN, budayawan, TNI, polisi dan lainnya. Total sekitar 11 ribu membawa bendera merah putih dari Balai Kota Semarang ke Lapangan Pancasila Semarang.

Acara kirab diinisiatori oleh tokoh ulama kharismatik Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Harapannya dengan kirab bendera panjang ini, kata dia, agar semangat merah putih tetap bergelora kepada anak bangsa.

Baca juga: Ganjar Apresiasi Banyak Pahlawan Baru Bermunculan yang Tak Butuh Popularitas

-Advertisement-

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH Ahmad Darodji yang turut menjadi peserta doa bersama untuk bangsa menyampaikan, doa dilakukan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berkorban demi bangsa.

“Bagaimana kita meneladani mereka. Yuk, kita jadikan ini momentum menghargai jasa pahlawan. Kita mengikuti jejak yang telah mereka berikan kepada kita,” kata Darodji.

Editor: Kholistiono

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
136,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER