31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSHartopo Minta Parpol...

Hartopo Minta Parpol Gencarkan Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo meminta partai politik (Parpol) ikut andil menggencarkan pendidikan politik kepada pemilih pemula. Menurutnya, pemilih pemula perlu diberi edukasi untuk tetap memelihara keharmonisan dalam berpolitik, sehingga terbentuk kedewasaan dalam berpolitik.

“Kalau bisa, bantuan politik digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan politik bagi pemilih pemula. Biar tetap menjaga kerukunan walaupun berbeda pandangan politik,” tegasnya saat menyerahkan bantuan keuangan partai politik (parpol) di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (30/11/2022).

Hartopo menjelaskan, dirinya selalu mengampanyekan agar kondusifitas harus dijaga selama tahun politik. Begitu juga pandangan bahwa politik adalah bentuk komitmen masyarakat dan pimpinan daerah untuk memajukan bangsa. Edukasi itu diharapkan juga disampaikan partai politik kepada masyarakat.

Baca juga: 522 NIK Warga Jateng yang Dicatut Jadi Anggota Parpol, Kini Sudah Dibersihkan oleh KPU

“Saya minta parpol aktif untuk memberikan sosialisasi pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi politik,” terangnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus M Fitrianto menyampaikan, ini adalah penyerahan bantuan keuangan parpol tahap kedua. Jumlah total bantuan tahap II yang diberikan yakni Rp1,154 miliar. Rinciannya, DPC PDI Perjuangan mendapatkan bantuan Rp210,8 juta, DPC PKB Rp185,6 juta, DPC Partai Gerindra Rp174,5 juta, DPC Partai Golkar Rp153,2 juta, dan DPD PKS Rp84,6 juta.

Baca juga: Serahkan Bantuan Keuangan untuk 10 Parpol, Bupati Kudus Minta Penggunaannya Harus Transparan

Kemudian DPD Partai Nasdem Rp83,9 juta, DPD PAN Rp73,8 juta, DPC PPP Rp70,9 juta, DPC Partai Hanura Rp67,4 juta rupiah, dan DPC Partai Demokrat Rp49,2 juta.

“Bantuan tahap II kami berikan kepada 10 parpol yang telah memenuhi syarat hibah dengan besaran bantuan bervariasi,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler