31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaPOLITIK522 NIK Warga...

522 NIK Warga Jateng yang Dicatut Jadi Anggota Parpol, Kini Sudah Dibersihkan oleh KPU

BETANEWS.ID, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mencatat, sebelumnya 522 NIK milik warga Jateng dicatut sembarangan sebagai anggota partai politik tertentu.

Perilaku sembrono ini dilakukan parpol demi memenuhi syarat pendaftaran peserta pemilu 2024 mendatang.

Menindaklanjuti hal itu, Ketua KPU Jateng Paulus Widiyantoro telah memproses laporan yang diterima dari KPU di kabupaten/kota ke KPU RI.

- Ads Banner -

Baca juga: Duh, 201 Warga Tiba-Tiba jadi Anggota Parpol Tanpa Persetujuan, Gara-Gara NIK Bocor?

“Kita sudah memproses aduan masyarakat yang namamya masuk dalam Sipol tapi mereka merasa tidak menjadi anggota parpol. Ada 522 nama di Jateng itu sudah kami proses dan sudah berhasil dibersihkan dari keanggotaan parpol,” kata Paulus.

Pihaknya melanjutkan, 522 nama tersebut terdaftar sebagai anggota parpol pada termin pertama, yaitu periode 1 hingga 14 September 2022. Jumlah tersebut tersebar di seluruh 35 kabupaten/kota di Jateng.

Disinggung mengenai partai mana saja yang mendaftarkan sebagai anggota meskipun tanpa persetujuan, Paulus mengatakan, hampir semua parpol. Yaitu 24 parpol yang lolos ke tahap verifikasi calon peserta Pemilu 2024.

“Terdaftar di parpol mana saja itu juga merata, baik partai baru atau lama, karena semua parpol terdapat kejadian seperti itu,” bebernya.

Paulus pun mengingatkan kepada masyarakat supaya aktif melakukan pengecekan identitasnya di SIPOL untuk memastikan dirinya tidak termasuk dalam keanggotaan parpol.

Terlebih, saat ini masing-masing parpol sedang melakukan perbaikan data keanggotaan. Pengecekan bisa dilakukan secara rutin melaui laman Infopemilu.kpu.go.id dengan memasukkan NIK masing-masing.

Jika setelah dicek ternyata terdaftar sebagai anggota parpop namun tidak merasa menjadi anggota, ia mengimbau untuk segera melapor ke KPU maupun Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota.

Baca juga: KPU Jateng Jamin Data Pemilih Aman

“Bisa jadi di tahap 1 tidak ada, tapi setelah parpol melakukan perbaikan data dimungkinkan akan ada masyarakat yang namanya masuk, tetapi orang itu merasa tidak menjadi bagian dari parpol,” katanya.

Sebagai informasi, saat ini KPU Provinsi Jateng tengah melanjutkan tahapan Pemilu 2024 yang saat ini memasuki masa verifikasi administrasi parpol calon peserta pemilu. Hal ini berlangsung hingga tanggal 14 Oktober 2022.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler