31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBISNISGitar Produksi Stringstory...

Gitar Produksi Stringstory Music Ini Kualitasnya Tak Kalah dengan Produk Luar Negeri

BETANEWS.ID, KUDUS – Deretan gitar berbagai jenis dan model tampak memenuhi rak dan dinding Stringstory Music di Jalan Raya Kudus-Jepara No 519, Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Beberapa orang di sana terlihat ada yang sedang menjajal kualitas suaranya, ada pula yang sedang melihat-lihat saja.

Di toko milik Setyo Nusantoro itu memang jadi jujugan pemusik atau penghobi musik yang ingin mencari gitar produksi lokal yang kualitasnya tak kalah dengan produk luar negeri. Gitar-gitar itu merupakan produksi Stringstory Musik sendiri yang dibuat di Mancasan, Sukoharjo, kota asalnya.

Salah satu kastemer sedang melihat-lihat gitar di Stringstory Music yang akan dibeli. Foto: Erna Safitri

Yoyok, begitu ia kerap disapa mengatakan, gitar produksinya itu ada dua merek yaitu stringstory dan Mantjasan. Stringstory fokus untuk gitar dengan kuliatas terbaik, lalu Mantjasan untuk kualitas medium. Gitar itu dibuat dari kayu meranti, maoni, siprus, sonokeling, hingga rosewood.

- Ads Banner -

Baca juga: Di Kudus Musik, dengan Uang Rp 100 Ribu Sudah Bisa Bawa Pulang Gitar Bagus

“Untuk gitar kita kebayangkan gitar akustik. Ukurannya juga ada yang anak-anak. Selain kualitas, gitar kita ini punya ciri khas berupa ornamen atau gambar yang mengangkat budaya lokal, ada wayang tulisan aksara Jawa juga,” bebernya saat ditemui, Jumat (18/11/2022).

Selain gitar, tersedia pula aksesoris gitar mulai dari senar string, kabel jack, soundhole, pickguard, tuning keys, sadle nut, case gitar, pick, strap, stand/hanger gitar, sceeching halt, capo, string winder, slider, dan lainnya. Yoyok juga melayani gitar kastem sesuai keinginan pelanggan, reparasi gitar hingga stem gitar.

“Untuk harganya macam-macam mulai Rp100 ribu hingga Rp15 juta, kalau kastem mulai dari Rp2 juta. Kastem biasanya untuk hadiah. Kebanyakan dibeli seniman lokal. Kita juga ada garansinya satu bulan yang Stringstory dan dua bulan yang kastem,” ungkapnya.

Menurut Yoyok, pelanggan yang datang ke tokonya itu berasal dari Kudus, Pati, Demak. Lalu untuk gitar kastem penjualannya sudah ke berbagai kota di Pulau Jawa, bahkan sudah ke Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Baca juga: Pernah Omzet 0 Kala Pandemi, Orderan Alat Musik Bambu Ini Kembali Meroket Berkat Lapak Ganjar

“Kebanyakan malah seniman lokal yang membeli gitar kastem. Ada juga kastamer kita yang memesan di Stringstory Music lalu dibawa ke Kanada dan Jerman. Untuk kastem biasanya paling cepat tiga bulan. Kita juga bisa bikin tulisan atau ornamen 3D,” tuturnya.

Jika tertarik ingin membeli gitar, toko Stringstory Music ini buka dari hari Senin hingga Sabtu pukul 14.00-22.00 WIB. Selain itu dapat memesan atau melihat koleksi di Instagram, Facebook, dan YouTube dengan nama Stringstory Music.

“Pengiriman luar kota kita jamin aman dengan kemas peti kayu. Bisa langsung hubung nomor WhatsApp yang tertera di Instagram Stringstory_music,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler