31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSEMARANGDEMAKDorong Bangkitnya Desa...

Dorong Bangkitnya Desa Wisata, DPRD Demak Sebut Siap Gelontorkan Dana

BETANEWS.ID, DEMAK – DPRD Demak berkomitmen untuk mendukung bangkitnya desa wisata. Hal itu akan direalisasikan, salah satunya dengan dukungan anggaran.

Ketua DPRD Kabupaten Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet mengatakan, meksipun di Kabupaten Demak saat ini terdapat 12 desa yang ditetapkan sebagai desa wisata, namun masih belum maksimal. Untuk itu, pihaknya mengupayakan anggaran bisa masuk ke desa wisata, karena menjadi salah satu program prioritas

“Untuk dukungan yang pasti terkait anggaran. Jadi ketika sesuai regulasinya, ada payung hukumnya yang pasti, kita usahakan anggaran ke sana, karena pariwisata di Kabupaten Demak termasuk menjadi program prioritas,” ujarnya saat menghadiri acara Ngopi Bareng ‘Bangkitnya Desa Wisata Jragung di Balai Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Jumat (4/11/2022) malam.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini saat menghadiri acara Ngopi Bareng di Desa Jragung membahas potensi desa wisata. Foto: Sekarwati.
- Ads Banner -

Baca juga: Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Untuk itu, menurutnya perlu langkah cepat agar dalam waktu singkat, di Kabupaten Demak bisa terbentuk lagi desa wisata.

Melihat potensi Desa Jragung yang memiliki keindahan alamnya, Slamet menyarankan untuk mengoptimalkan potensi tersebut agar menjadi daya tarik lebih wisatawan. Termasuk dengan keramahan masyarakat yang bisa membuat pengunjung tertarik untuk datang.

“Di sini ada Sendang Wuluh dan juga wisata keliling dengan mobil Jeep. Ini kan kawasan hutan, kalau ini digarap dengan baik, pasti banyak wisatawan datang ke Demak. Sehingga efeknya ada peningkatan pendapatan di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini mengungkapkan, forum Ngopi Bareng tersebu, sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan semangat kembali setelah meredanya pandemi Covid-19.

Sehingga ia mengundang dari beberapa stake holder terkait dengan pariwisata di Demak. Di antaranya, Ketua DPRD Demak, Bupati Demak, Pengamat Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jragung dan lain-lain, untuk membicarakan solusi dari hal itu.

“Ini lah saatnya kita memberikan semangat terutama teman-teman Pokdarwis di Desa Jragung ini bisa bangkit kembali,” terangnya.

Mengenai anggaran untuk pengembangan desa wisata, Endah menjelaskan, untuk sementara ini dana diambil dari alokasi Dana Desa (DD). Pihaknya, juga akan memberikan fasilitas pelatihan dan pendampingan dalam mewujudkan desa wisata.

Baca juga: Desa Wisata Sumogawe Kini Punya Rest Area dan Mobil Shuttle Berkat Bantuan Rp1 M dari Pemprov Jateng

“Anggaran sementara masih dari alokasi Dana Desa. Sementara dana dari APBD ini belum kita usulkan, yang ada di Dinas Pariwisata adalah pendampingan untuk desa-desa wisata dan pelatihan,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya desa wisata di Desa Jragung menjadi contoh bangkitnya desa wisata lainnya di Demak. Tidak hanya itu, ia juga meminta kepada masyarakat agar turut mendukung dan bekerja sama dalam mewujudkan desa wisata yang memiliki daya tarik.

“Pokdarwisnya harus bangkit, masyarakatnya harus bangkit, pemudanya harus bersama-sama, karena membangun desa wisata itu tidak mudah dan butuh waktu yang lama. Sehingga butuh komitmen, semangat dari masyarakat sendiri. Pemerintah hanya memberi stimulasi saja,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler