31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaKUDUSDispertan Kudus Ajari...

Dispertan Kudus Ajari Peternak Kambing Bikin Pakan yang Bergizi

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus memberi pelatihan membuat pakan kepada 50 peternak kambing di Kecamatan Dawe, Kamis (24/11/2022). Sebelumnya, acara ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Gebog, Jekulo dan Undaan.

Kepala Dispertan Kudus Didik Tri Prasetyo mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar para peternak paham cara beternak yang baik, terutama dalam menyiapkan pakan.

“70 persen biaya beternak paling banyak itu di pakan. Kalau pakannya bisa disediakan dengan baik sesuai dengan yang dipersyaratkan, insyallah nanti populasi dan produktivitas ternak bisa jadi lebih baik,” bebernya di pelatihan yang berlangsung di Pijar Park itu.

- Ads Banner -

Baca juga: Solusi Pertanian Masa Depan, Belasan Warga Undaan Kidul Diberi Pelatihan Hidroponik

Didik mengungkapkan, selama ini para peternak di Kudus masih beternak secara konvensional. Mereka mengandalkan rumput liar untuk makan ternak mereka.

“Padahal rumput liar itu kan tidak diketahui berapa karbohidratnya, proteinnya, serta vitaminnya. Makanya, dengan pelatihan ini kita arahkan ke yang lebih baik,” tandasnya.

Baca juga: Setelah Otomotif, Warga Binaan Kudus Akan Dapat Pelatihan Tata Boga dan Kerajinan Souvenir

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus Agus Setiawan menambahkan, ada empat kombinasi pakan agar memiliki kandungan yang baik, yaitu harus mengandung rerumputan, bahan tanaman legum, dan dua jenis rambanan. Pakan juga harus mengandung serat, protein, dan karbohidrat, sehingga kambing dapat berkembang biak dengan baik.

“Harapan kami populasi kambing meningkat dan kesejahteraan peternak meningkat,” pungkas Agus.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler