31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSCoffee Shop Menjamur...

Coffee Shop Menjamur di Kudus, Tapi Hanya 27 yang Berizin

BETANEWS.ID, KUDUS – Keberadaan coffee shop dalam beberapa tahun terakhir ini mulai menjamur di Kabupaten Kudus. Total hingga saat ini, ada lebih dari 100 coffee shop di Kota Kretek. Meski demikian, baru ada 27 coffee shop yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Hal itu diungkap oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus yakni Harso Widodo. Dia mengatakan, di Kabupaten Kudus memang ada ratusan coffee shop, namun, tidak semua pemiliknya tahu harus memiliki NIB dan input ke sistem Online Single Submission (OSS).

Baca juga: Gratis, Ratusan Pelaku UMKM di Kudus Antusias Urus NIB Hingga PIRT dan Sertifikat Halal

- Ads Banner -

“Dari data kami, coffee shop yang berizin baru ada 27. Sedangkan yang lainnya belum atau tak berizin,” ujar pria yang akrab disapa Harso kepada Betanews.id, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, jumlah 27 coffee shop tersebut terdata mulai tahun 2021 hingga November 2022. Sebenarnya, melihat coffee shop yang menjamur, jumlah tersebut masih sangat minim.

“Seyogyanya pelaku usaha coffee shop harus mempunyai izin. Minimal Nomor Induk Berusaha (NIB),” jelasnya.

Dia mengaku, pihaknya selama ini terus berupaya agar coffee shop yang ada di Kabupaten Kudus agar memiliki izin NIB. Pihaknya juga sering menyampaikan dan menyosialisasikan melalui kanal media sosial.

“Tujuannya, tentu agar mempermudah orang mengurus perizinan saat hendak membuat usaha,” tandasnya.

Harso menjelaskan, beberapa persyaratan yang harus dilengkapi ketika hendak mendirikan coffe shop. Di antaranya mengajukan permohonan melalui sistem OSS di laman oss.go.id dan memiliki izin NIB.

“NIB tersebut nantinya digunakan untuk tahap persiapan lokasi, bangunan, dan izin kegiatan usaha. Lalu, pelaku usaha coffee shop harus juga memenuhi persyaratan izin dasar. Yang kesesuaian pemanfaatan ruang sesuai Perda Nomor 1 tahun 2022 Tentang RTRW, persetujuan lingkungan, dan izin OMB/PBG & SLF,” jelasnya.

Harso menuturkan, tidak ada batasan jumlah coffee shop di Kota Kretek. Namun, ia mengimbau agar coffee shop yang belum memiliki NIB agar segera memiliki NIB.

Baca juga: Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

“Jumlah coffee shop tidak kami batasi. Namun, saya meminta masyarakat sadar jika mau usaha ya harus punya izin,” imbuhnya.

Ke depan, lanjut Harso, coffee shop dapat memiliki paguyuban. Sehingga pihaknya akan lebih gampang saat hendak melakukan sosialisasi perihal izin usaha kepada para pelaku usaha, khususnya coffee shop.

“Harapan kami, warga yang usaha di bidang kopi untuk membentuk paguyuban. Sehingga kami lebih mudah saat menyampaikan soal perizinan maupun saat menberikan informasi terkait investasi,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler