31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKISAHCerita Itoh Rintis...

Cerita Itoh Rintis Usaha Minuman Kekinian, Sempat Ingin Tak Jualan Lagi Karena Pernah Tak Laku Sama Sekali

BETANEWS.ID, KUDUS – Setelah lulus kuliah Dewi Masitoh (24) putuskan membuka usaha sendiri karena tak mau kerja ikut orang. Ia membuka usaha minuman sehat kekinian berupa smoothies.

Usaha tersebut dirintisnya sejak Maret 2022 lalu. Ia membuka kedainya itu di depan rumah milik orang tuanya, berdampingan dengan usaha sang kakak. Usaha dengan nama Tumbuhan Smoothies itu merupakan usaha waralaba yang pilih dari iklan di sosial media.

“Alasanya gatau ya, memang tidak mau kerja ikut orang. Pilih usaha ini juga kebetulan aja ada iklan di Instagram, terus tertarik karena eco cup. Jarang minuman kekinian di sini rasanya juga buah-buahan segar,” bebernya di lapaknya di Jalan Menur Nomor 23A, Desa Nganguk, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jumat (11/11/2022).

Lapak Tumbuhan Smoothies di Jalan Menur Nomor 23A, Desa Nganguk, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Foto: Erna Safitri.
- Ads Banner -

Baca juga: Tumbuhan Smoothies, Minuman Kekinian dari Buah-buahan yang Menyehatkan dan Nyegerin Banget

Itoh, sapaan akrabnya bercerita, di awal merintis usaha tersebut pernah tidak ada pembeli sama sekali selama satu hari dari pagi hingga malam. Ia juga sempat ingin mengakhiri langkah yang dipilihnya.

Namun, Itoh menyebut, keinginan itu hanya berada di pikirannya saja. Nyatanya ia tetap berusaha dengan memperkenalkan minuman sehat kekiniannya melalu beberapa iklan di sosial media. Selain itu, ia mengikuti promo-promo yang ada di beberapa aplikasi online.

“Sempet mikir ngapain sih jualan, tapi karena sudah terlanjur terjun dilanjutin. Buat memperkenalkan Tumbuhan Smoothies awal-awal ikut iklan di sosmed, lanjut promo-promo yang ada di grab, GoFood kaya gitu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Itoh mengaku dirinya sempat memiliki usaha makanan berupa cookies yang dirintisnya bersama temannya di awal tahun 2021. Usaha dengan sistem PO itu hanya berjalan kurang lebih satu tahun karena kesibukkan temannya yang mulai bekerja.Tak hanya itu, jiwanya berwirausaha sudah ada sejak masih di bangku kuliah. Ia dulu menjual stiker dan photo card saat masih kuliah.

“Memang tidak pernah ikut kerja orang, dulu kuliah sempat jualan stiker tapi tidak lama, lalu lulus pernah usaha makanan. Orang tua bukan wirausaha, mereka pegawai, tapi saya dan kedua kakak saya semua pilih buka usaha sendiri,” paparnya.

Baca juga: Bisnis Minuman Kekinian Antarkan Idris Punya 4 Outlet Segara, Omzetnya Bikin Iri

Perempuan lulusan bisnis di salah satu universitas di Semarang itu mengaku, kini usaha telah menjadi passion yang ia pilih. Ia mengaku pekerjaannya sekarang membuatnya nyaman dan memiliki waktu yang fleksibel.

Kini usaha minuman kekinian miliknya meskipun belum ada satu tahun berdiri sudah punya banyak pelanggan. Kebanyakan pelanggan yang datang berasal dari pesanan ojol (ojek online), ada pula dari anak sekolah dan pengendara yang melintas. Dalam sehari, setidaknya Itoh bisa menjual 50 cup minuman kekinian.

“Harapannya yang pertama semakin dikenal, semakin banyak orang yang tahu. Terus semakin laris dan lancar kedepannya,” katanya mengakhiri.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler