31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaSEMARANGAtasi Kemacetan, Ruas...

Atasi Kemacetan, Ruas Jalan Sriwijaya Baru Kota Semarang Mulai Beroperasi Hari Ini

BETANEWS.ID, SEMARANG – Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan ruas Jalan Sriwijaya Baru Kota Semarang, Rabu (2/11/2022). Ruas jalan tersebut merupakan salah satu upaya mengurai kemacetan di titik pertemuan pengendara dari arah Jalan Veteran, Pahlawan, dan Candi Atas.

Sebelumnya, jalan tersebut hanya terdapat satu ruas saja. Dengan adanya dua lajur yang dipisahkan saluran air, maka jalan tersebut kini berlaku satu arah. Jalan Sriwijaya Lama akan mengakomodir pengguna jalan dari arah Peterongan menuju Jalan Pahlawan, sedangkan Jalan Sriwijaya Baru akan mengakomodir pengguna jalan dari arah yang sebaliknya.

Ita meresmikan ruas Jalan Sriwijara Baru. Foto: Kartika Wulandari

Ita menyampaikan, ruas jalan baru ini memberikan wajah baru untuk Kota Semarang. Terlebih, ke depannya di sekitar Taman Wonderia akan dibangun sentra kuliner.

- Ads Banner -

Baca juga: 7 Kelurahan di Kota Semarang Jadi Prioritas Penanggulangan Kemiskinan

“Hal ini bisa memberikan wajah baru untuk Semarang. Nanti ke depan juga akan ada food court di Jalan Singosari yang mana nantinya akan menjadi pusat UMKM di Kota Semarang,” katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang Danang Kurniawan menambahkan, Taman Singosari yang terletak di depan Wonderia nantinya akan menjadi bunderan. Jadi pengendara yang ingin memutar balik bisa lewat bunderan tersebut.

“Jadi, arusnya mengalir di sini, tidak ada traffic light. Jadi, dari arah Pahlawan itu kalau mau kembali ke Pahlawan, bisa memutar di ujung, di Singosari,” ujarnya.

Pihaknya melanjutkan, rute baru yang diterapkan akan lebih efektif, karena selain mengurangi kemacetan, pengendara juga akan lebih nyaman.

Baca juga: Tak Terima Ditertibkan, Pedagang di Bahu Jalan Pasar Genuksari Adu Mulut dengan Satpol PP Semarang

“Itu relatif lebih aman, nyaman, kemudian arusnya mengalir, tanpa ada pengaturan traffic light. Rambu sudah kita sesuaikan, tinggal membiasakan pola masyarakat saja,” jelasnya.

Karena baru diterapkan, pihaknya mengatakan beberapa hari ke depan akan ada sejumlah petugas Dishub yang berjaga untuk membantu mensosialisasikan kepada pengguna jalan tentang aturan baru di jalan tersebut.

“Sementara beberapa hari ke depan akan ada petugas yang berjaga. Hal ini untuk memberikan sosialisasi adanya perubahan pola titik jalan kepada pengguna jalan,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler