31 C
Kudus
Rabu, November 30, 2022
BerandaSport2.867 Santri Siap...

2.867 Santri Siap Berebut Juara pada Pospenas IX 2022 di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX 2022 akan digelar di Solo pada 23-27 November 2022. Sebanyak 2.867 santri dari 34 provinsi di Indonesia akan berpartisipasi dalam perlombaan tersebut. Ajang ini akan dibuka di Stadion Manahan Solo, Rabu (23/11/2022) malam.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Waryono Abdul Ghafur menuturkan, Pospenas IX 2022 digelar sebagai ajang silaturahmi dan mengasah prestasi para santri.

“Pospenas juga menjadi ajang silaturahmi. Apalagi pada dasarnya santri harus memiliki jaringan yang luas. Bukan hanya dari pondok pesantrennya saja, tapi juga harus mengenal santri-santri lain di Nusantara,” kata Waryono pada saat jumpa pers di Bale Tawangarum, Balai Kota Solo, Selasa (22/11/2022) sore.

- Ads Banner -

Baca juga: Gibran Disemangati Ribuan Pelajar Saat Kirab Obor Pospenas XI dari Sriwedari ke Balkot Solo

Waryono menerangkan, para santri akan berkompetisi dalam sejumlah cabang olahraga, seperti sepak bola, tenis meja, tolak peluru, lompat jauh, lari tunggal, dan lari estafet.

“Selain itu akan ditampilkan perlombaan seni seperti stand up comedy, video film pendek, hadrah, pidato, kaligrafi, dan pencak silat seni,” lanjutnya.

Kegiatan ini juga memfasilitasi para santri untuk berkompetisi dalam hal olahraga. Selain itu, dengan perlombaan non olahraga, para santri mampu membuktikan eksistensi  mereka.

“Kami ingin santri punya prestasi di luar mengaji yang bisa dilihat oleh publik,” katanya.

Baca juga: Gus Yasin Lepas Kirab Obor Pospenas IX dari Api Abadi Mrapen

Ketua Panitia Pospenas IX 2022 Nur Abadi menambahkan, perlombaan akan digelar di beberapa venue di Solo, di antaranya, GOR UNS, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Kottabarat, Lapangan Sriwedari, Loji Gandrung, kompleks Balai Kota, dan Pura Mangkunegaran.

“Sebenarnya Pospenas ini seharusnya digelar 2021, tapi karena masih pandemi maka pelaksanaannya digeser tahun ini,” tambah Nur Abadi.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler