31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaUMKMWarga Semarang Ini...

Warga Semarang Ini Ubah Koran Bekas Jadi Kerajinan Berkelas

BETANEWS.ID, SEMARANG – Seorang perempuan terlihat sibuk di ruang tamu rumahnya yang berada di Jalan Prof Sudarto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Perempuan yang mengenakan hijab hitam itu tengah sibuk menggulung lembaran koran untuk dijadikan kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi. Ia adalah Piliani Ernawati, Owner Craftonesia.id.

Sembari menganyam gulungan koran, Erna sapaan akrabnya menyebut, ia mulai menjalankan usahanya ini sejak Juni 2021.

Berawal dari melihat banyaknya koran bekas yang menumpuk di rumahnya, ia pun mempunyai ide untuk menyulap barang bekas menjadi kerajinan yang cantik serta mempunyai nilai jual.

Erna sedang membuat kerajinan dari koran bekas. Foto: Kartika Wulandari.
- Ads Banner -

Baca juga: Di Tangan Agung, Kaleng Bekas Disulap jadi Miniatur Vespa yang Keren

“Awalnya itu karena banyak tumpukan koran di ruang tamu. Karena cuman ditumpuk, bingung mau diapain, akhirnya saya coba searching dan ketemulah ide ada kerajinan kertas koran yang standar. Terus setelah searching lagi muncul kerajinan anyaman tapi dari rotan, dari situ akhirnya muncul ide gimana kalau koran ini saya warnain jadi kayak rotan, kemudian saya anyam. Jadi seperti kerajinan rotan tapi dari koran,” jelasnya.

Karena terbuat dari koran, agar kerajinan tersebut bisa awet dan tahan air, Erna menyebut ada beberapa langkah yang dilakukan. Pertama, lintingan koran dicoating terlebih dahulu sampai kering. Setelah kering, lintingan mulai diwarnai dengan cat cair dan setelah cat kering, lintingan kembali diberi coating dan dimasukkan ke dalam plastik agar tidak mengeras.

“Setelah dimasukkan plastik, itu lintingannya sudah siap digunakan kapan aja. Nah nanti kalau lintingannya sudah dianyam, nanti kita coating lagi, biar tambah awet. Untuk pengecatan 1000 linting, 4 jam atau tergantung cuaca. Karena kita jemur di bawah sinar matahari, kalau untuk coating ditunggu sampe kering aja sih,” tambahnya.

Mengenai produk yang dihasilkan, pun banyak jenisnya, antara lain tatakan gelas, tempat pensil, tempat tisu, keranjang, tas jinjing, tas slempang, tas cowok, handbag, home decor ada cermin, jam dinding untuk dekorasi, tatakan piring, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Keren! Patung Tokoh Wayang Ini Terbuat dari Limbah Kertas

“Kalau keistimewaan produk saya pastinya ini ramah lingkungan dan unik, karena dari kertas koran, walaupun dari koran dia tahan air dan tidak akan jamuran. Kalau orang pesen itu setiap modelnya tidak akan bisa sama persis dan itu yang membuat ini spesial,” ungkapnya.

“Pengerjaannya paling sebentar itu tatakan gelas paling sehari, kalau tas bisa seminggu, karena ada proses penjahitan tambahan kulit. Lalu untuk harga, mulai dari Rp 8 ribu untuk tatakan gelas sampai Rp 300 ribu untuk kerajinan tas,” tutupnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler