31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSWarga Binaan Kudus...

Warga Binaan Kudus Rasakan Manfaat DBHCHT Melalui Pelatihan Otomotif

BETANEWS.ID, KUDUS – Belasan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas ll Kabupaten Kudus tampak sedang sibuk memperbaiki sepeda motor matik dan motor manual. Sambil beraktivitas, mereka juga mendengarkan arahan dari pembimbingnya. Kegiatan tersebut yakni pelatihan otomotif bagi warga binaan.

Salah satu peserta yakni Muhammad Zaenuri mengatakan, pelatihan otomotif ini sangat baik bagi warga binaan. Sebab pelatihan ini sangat berguna dan bermanfaat sekali bagi warga binaan untuk bekal saat sudah bebas nanti.

“Dengan pelatihan otomotif ini, kami jadi punya bekal keterampilan. Sehingga bisa kami gunakan untuk bekal cari kerja atau buka bengkel motor saat sudah bebas nanti,” ujar Zaenuri, Selasa (18/10/2022).

Warga binaan Rutan Kudus mengikuti pelatihan otomotif. Foto: Rabu Sipan.
- Ads Banner -

Baca juga: 32 Warga Binaan Rutan Kudus Diberikan Pelatihan Otomotif

Zaenuri berharap, agar pelatihan otomotif atau pelatihan lainnya bisa lebih sering dilaksanakan untuk warga binaan. Sehingga lebih banyak lagi warga binaan yang dapat manfaat dari program pelatihan serupa.

“Harapannya ada lagi program pelatihan untuk warga binaan. Bisa pelatihan otomotif lagi, bisa pelatihan lainnya. Agar kami para warga binaan punya bekal keterampilan saat sudah bebas nanti,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas ll Kabupaten Kudus yakni Suprihadi menyampaikan, pelatihan otomotif bagi warga binaan merupakan kerja sama antara Rutan dan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Disnakerperinkop-UKM) Kudus. Pelaksanannya nanti selama 22 hari.

“Sedangkan peserta warga binaan yang ikut pelatihan otomotif ini ada 32 orang. Dibagi dua gelombang, masing-masing gelombang diikuti 16 peserta warga binaan,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan otomotif ini sangat penting dan sangat bermanfaat untuk warga binaan. Karena pelatihan ini bisa jadi bekal keterampilan ketika mereka sudah bebas kelak.

“Apalagi nantinya warga binaan yang ikut pelatihan otomotif ini juga akan mendapatkan dua sertifikat. Satu dari Disnakerperinkop dan UKM serta sertifikat dari Lembaga Penjamin Sertifikat Kerja. Nantinya bisa digunakan sebagai bukti kompetensi ketika akan melamar kerja saat bebas,” ungkapnya.

Ia melihat, sejauh ini para warga binaan sangat antusias mengikuti pelatihan otomotif. Bahkan di hari ke sembilan ini, 95 persen mereka sudah bisa melaksanakan pelatihan otomotif dengan baik.

“Dari pengamatan kami, warga binaan bisa mengikuti pelatihan otomotif dengan baik. Terkait dengan deteksi kerusakan mesin motor injeksi, pembongkaran, servis dan pemasangan kembali sudah dikuasai semua,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan otomotif, bisa memberikan pengetahuan dan bekal keterampilan bagi warga binaan. Sehingga setelah warga binaan bebas nanti, mereka bisa memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang didapatkan selama ikut pelatihan di Rutan.

Baca juga: Ciptakan Wirausaha Baru, Pemkab Kudus Gelar Ratusan Paket Pelatihan untuk 4.496 Warga

Terpisah, Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati menyampaikan, bahwa pelatihan itu sebagai bekal keterampilan untuk warga binaan.

“Diharapkan pelatihan otomotif ini nantinya bisa jadi bekal ketrampilan untuk warga binaan ketika sudah bebas. Bisa untuk mencari kerja atau buka bengkel motor,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa pelatihan otomotif bagi warga binaan ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBCHT) tahun 2022. Penggunaan DBHCHT untuk pelatihan itu merupakan salah satu program pemanfaatan DBHCHT yang ketentuannya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler