31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKISAHUsaha Warung Makan...

Usaha Warung Makan Terdampak Pandemi, Lela Bangkit Rintis Usaha Sirop dan Selai Jipang

BETANEWS.ID, KUDUS – Lelasari (50) tampak sibuk mengemas sirop jipang di rumahnya yang berada di Perumahan Salam Residance Blok A No 43, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Ia mengemas sirop jipang ke dalam plastik botol berukuran 350ml. Sirup Jipang itu merupakan pesanan pelanggannya yang akhir-akhir ini mulai banyak.

Kepada betanews.id, Lela bersedia berbagi cerita terkait usaha dirintisnya sejak Mei 2022 itu. Menurutnya, usaha tersebut tercetus saat ia gagal di usaha warung makan pada awal 2022. Kemudian, teman dekatnya menyarankannya untuk membuat usaha di rumah.

Sirop dan Selai Jipang buatan Lela. Foto: Erna Safitri.

“Dulu saya punya warung makanan Soto Makassar di daerah Ngembal, karena pandemi jadi sepi. Apalagi diterpa PPKM sebayak 3 kali jadinya pendapatan tidak masuk untuk sewanya. Oleh teman saya disarankan bikin usaha saja, akhirnya bikin Sirop Jipang ini,” tutur Lela, Selasa (20/9/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Kaya Manfaat, Sirop dan Selai Jipang Buatan Lela Ini Penjualan Sudah ke Berbagai Daerah

Memilih labu Siam (jipang) untuk dibuat sirup karena ia dan keluarganya sudah tak asing dengan sayur tersebut. Bertahun-tahun ia telah memanfaatkan labu siam untuk pengobatan darah tinggi sang suami.

“Labu Siam ini tidak asing bagi keluarga kami, karena saya sering membuat sirop atau jus jipang untuk suami saya. Tahu labu banyak manfaat juga dari saudara yang dikonsumsi untuk pengobatan diabetes,” bebernya.

Lela mengaku, saat ikut sang suami dinas di daerah Papua, ia sempat ikut pelatihan pembuatan sirop buah mangrove. Dari situlah ia tidak kesulitan untuk mengolah jipang menjadi sirop ataupun selai.

Saat ini, Lela kerap mengikut pemran dan bazar UMKM untuk memperkenalkan produk sirop dan selai jipang buatanya. Selain itu, ia ingin lebih banyak masyarakat bisa mengetahui kalau jipang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Berawal dari Hobi Masak, Inilah Cerita Ina Rintis Usaha Seblak dengan Konsep Prasmanan

Meskipun tidak diproduksi setiap hari, sirop dan selai jipang buatan Lela ini sudah memiliki pembeli di berbagi daerah. Lewat teman dan saudaranya, permintaan selai dan sirop jipangnya kian hari kian banyak. Sirop dan selai jipang ini dapat dipesan melalui nomor WhatsApp di 0821 9860 6144.

“Harapannya, ke depan bisa menambah produk yang berbahan dasar jipang, serta membuat masyarakat yang tidak suka Jipang jadi bisa mengonsumsi dengan inovasi berupa olahan jipang seperti sirop dan selai,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler