31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKEDUMAGELANGBerkat Bantuan Rumah,...

Berkat Bantuan Rumah, Daryati dan Siti Kini Tak Perlu Takut Rumahnya Terancam Roboh Lagi

BETANEWS.ID, MAGELANG – 28 warga Desa Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang menerima bantuan rumah sehat layak huni (RSLH). Ini merupakan komitmen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup  masyarakat.

Salah satu penerima bantuan RSLH Daryati menceritakan, rumahnya dulu hanya berdinding anyaman bambu yang sudah rapuh, bahkan berlubang di sana-sini. Kalau hujan, atap rumahnya bocor sehingga harus menyediakan panci-panci untuk menampung air.

“Iya, dulu dindingnya seperti itu (menunjuk dinding anyaman bambu. Kalau hujan bocor di semua ruangan. Kalau hujan repot,” katanya, Sabtu (8/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Ikut Program Tuku Lemah Oleh Omah, 30 KK di Brebes Kini Bisa Punya Rumah Bagus

Kini, setelah rumahnya direnovasi atas program bantuan RSLH, kondisi itu sudah tidak terjadi lagi.

“Sekarang rumahnya sudah tembok batako dan atapnya esbes. Jadi, tidak bocor lagi,” lanjutnya.

Begitu pula dengan Siti Amara. Kini, ia tidak lagi khawatir rumahnya bakal roboh karena tiang-tiangnya rapuh. Sebab, bantuan dari Gubernur telah mengubah kondisi rumahnya menjadi lebih kokoh dan bagus. Bagi Siti, hidupnya sekarang lebih tenang tanpa bayang-bayang ketakutan.

“Dulu bocor semua kalau hujan, apalagi di belakang rawan longsor. Nah, sekarang sudah tidak bocor lagi dan rumahnya kokoh. Rasanya senang dapat bantuan,” jelasnya.

Siti mengaku sudah puluhan tahun tinggal di rumah itu. Tidak mampu merenovasi rumahnya karena suami hanya seorang kuli bangunan.

“Tidak mampu memperbaiki rumah karena tidak punya uang. Suami hanya kuli bangunan. Alhamdulillah senang sekarang bisa dapat bantuan,” kisahnya.

Baca juga: 32 Keluarga Terdampak Banjir Kalikeruh Brebes Dapat Bantuan Rumah

Kepala Desa Ngepanrejo Nur Hakim menuturkan, desanya termasuk desa miskin dengan sekitar 1.400 kepala keluarga. Mayoritas dari mereka bermatapencaharian sebagai buruh tani, pengrajin besek bambu dan pengrajin arang.

2022 ini, pihaknya dapat bantuan RTLH dari Ganjar sebanyak 28 rumah. Bantuan tersebut, menurutnya, dapat membantu desanya untuk lepas dari jeratan kemiskinan dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Iya, itu untuk mengentaskan kemiskinan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terimakasih,” tandasnya.

Untuk saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis bisa merampungkan perbaikan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH), pada tahun ini. Hingga Desember 2021, perbaikan RSLH di Jateng dengan menggunakan dana Bankeupemdes APBD telah mencapai 11.152 unit atau 98,76 persen dari total target 11.292 unit.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler