31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSRS Sarkies Aisyiyah...

RS Sarkies Aisyiyah Target Beroperasi Januari 2023, Akan Dilengkapi Helipad

BETANEWS.ID, KUDUS – Kabupaten Kudus akan memiliki fasiltas kesehatan baru yakni Rumah Sakit (RS) Sarkies Aisyiyah. Rumah sakit yang berada di sebelah Barat Pasar Jember, Jalan Kudus-Jepara KM 1, Desa Purwosari, Kecamatan/Kabupaten Kudus itu akan beroperasi pada Januari 2023.

Penangung Jawab Pembangunan RS Sarkies Asyiyah Hilal Ariyadi menuturkan, pembangunan RS Sarkies Aisyiyah dimulai sejak September tahun lalu dan saat ini pembangunan fisiknya sudah selesai. Sedangkan untuk interior dan pengisian alat kesehatan baru sekitar 87 persen.

Penampakan bangunan RS Sarkies Aisyiyah di Purwosari Kudus. Foto: Rabu Sipan

“Target kami peresmian nanti pada Januari 2023 dan RS Sarkies Aisyiyah sudah siap beroperasi,” bebernya, Selasa (13/9/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: RS Sarkies Aisyiyah, Cikal Bakal Fakultas Kedokteran di Kudus

Dia mengatakan, pembangunan RS Sarkies Aisyiyah menelan biaya Rp120 miliar yang berasal dari RS Aisyiyah, perbankan, kemudian dari partisipasi masyarakat.

“RS Sarkies Aisyiyah nantinya jadi rumah sakit tertinggi di Kudus. Terdiri dari sembilan lantai dengan lantai atap adalah landasan helikopter atau helipad,” beber Hilal.

Menurutnya, keberadaan helipad itu untuk antisipasi melesatnya pertumbuhan industri di wilayah Kudus dan Jepara. Di mana Jepara sekarang muncul beberapa perusahaan besar ekspansi dari Jakarta maupun Tangerang.

“Ketika ada pertumbuhan industri tapi ruas jalannya masih tetap maka sangat berpotensi terjadi macet. Oleh karenanya kami antisipasi. Ke depan kita sediakan helikopter untuk evakuasi pasien yang memerlukan penanganan cepat,” ujar Hilal.

Helikopter itu, kata dia, digunakan untuk evakuasi pasien yang membutuhkan penanganan cepat serta yang tak memungkinkan dijangkau ambulans lewat darat, sehingga transportasi udara akan menjadi solusi.

Baca juga: 3 Rumah Sakit dengan Antrean Online Terbaik Versi BPJS Kesehatan Kudus

“Kita ketahui sendiri di kota-kota besar saat ini juga sudah berkembang transportasi udara. Oleh karenanya kita antisipasi dengan adanya halipad di lantai 10 RS Sarkies Aisyiyah,” ungkapnya.

RS Sarkies Aisyiyah, tuturnya, dibangun untuk RS tipe B. Namun di awal peresmian nantinya RS Sarkies Aisyiyah masih bertipe C dengan jumlah 150 tempat tidur.

“Ke depannya nanti kita akan tambah jadi 216 tempat tidur. Jadi ini RS tipe C dulu setelah itu nanti menjadi tipe B. Fasilitasnya memang sudah support RS tipe B. Jumlah kapasitas tempat tidur, maupun sarana prasarannya  kita setting menjadi RS tipe B,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler