31 C
Kudus
Sabtu, April 20, 2024

Puluhan Siswa SD Ikuti Pelatihan Bulutangkis PBSI Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Pengurus Kabupaten (Pengkab) PBSI Kudus menggelar pelatihan bulutangkis di GOR Bung Karno, Rabu (21/9/2022). Peserta coaching clinic tersebut ada 50 siswa Sekolah Dasar dari beberapa sekolah yang ada di Korwil Kecamatan Kudus. Mereka diajari dasar bermain bulutangkis seperti pukulan lop, pukulan forehand, dan pukulan backhand.

Salah Satu Pelatih Moch Revindra Rayhaldi menjelaskan, pukulan lop yakni teknik pukulan dengan mengarahkan shuttlecock setinggi mungkin ke arah belakang garis lapangan lawan. Sedangkan pukulan forehand adalah pukulan yang diarahkan dari belakang badan ke arah depan. Sementara pukulan backhand yakni pukulan yang menggunakan tangan kanan tetapi dari sebelah kiri sehingga tangan membelakangi arah pukulan.

Dalam pelatihan itu, pihaknya memilih menggunakan balon terlebih dahulu untuk mengenalkan ketiga pukulan tersebut. Balon dipilih karena tidak mudah jatuh saat digunakan untuk juggling menggunakan raket.

Baca juga: PBSI Kudus Bakal Kenalkan Olahraga Bulutangkis ke Sekolah

“Pertama, anak-anak kami beri balon terlebih dahulu sebelum menggunakan shuttlecock. Kalau langsung pengenalan menggunakan shuttlecock nanti cepat jatuh sehingga tidak efektif untuk latihan pukulan lop, backhand, dan forehand. Kalau menggunakan balon kan melayangnya lebih lama,” katanya, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, tidak semua peserta tahu dasar-dasar bermain bulutangkis. Sebab, ada beberapa peserta yang baru mengenal olahraga tersebut.

“Tujuannya untuk meningkatkan animo siswa-siswi di Kudus agar tertarik belajar bulutangkis. Sehingga saat ada even Simpang Tujuh Master, Bitingan Master, dan even lainnya dapat tertarik untuk ikut,” sambungnya.

Baca juga: PBSI Kudus Gelar Coaching Clinic untuk Siswa SD

Dia berharap, coaching clinic ini dapat meningkatkan animo siswa di Kudus untuk bermain bulutangkis. Selain itu juga dapat menemukan bibit atlet untuk Indonesia di masa depan.

“Semoga ke depannya ada atlet dari Kudus yang muncul dan mengukir prestasi di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER