31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSNilai Transaksi Pekan...

Nilai Transaksi Pekan UMKM Kudus Capai Rp422 Juta

BETANEWS.ID, KUDUS – Pekan UMKM Kudus yang digelar PT Sukun Wartono Indonesia di Alun-Alun Kudus mencatatkan nilai transaksi kurang lebih sebesar Rp422 juta. Jumlah tersebut melebihi target Rp300 juta yang dicanangkan panitia.

Rinciannya, nilai transasksi pada hari pertama Sabtu (10/9/2022) kurang lebih Rp189 juta, dengan penyumbang terbanyak adalah sektor fashion dengan persentase mencapai 50 persen lebih dan sisanya furnitur dan kuliner.

Kemudian hari kedua, Minggu (11/9/2022), nilai transaksinya kurang lebih Rp233 juta. Sektor fashion kembali menjadi penyumbang terbesar dan sektor kuliner, furnitur, maupun aksesoris juga tak kalah  banyak.

- Ads Banner -

Baca juga: Bank Jateng Kembali Luncurkan Kredit Murah untuk UMKM dan Pedagang Tanpa Agunan

Ketua panitia Pekan UMKM Kudus Andre Herdian mengatakan, antusias masyarakat bisa dibilang sangat tinggi selama kegaiatan tersebut. Pada hari kedua, banyak stan kemudian ramai dikunjungi warga dan langsung melejit penjualannya. Salah satu gerai fashion, lanjut Andre, nomimal transaksinya bahkan bisa mencapai puluhan juta dalam semalam. 

”Itu masih satu gerai saja, belasan gerai lain yang memang punya ciri khas dan keunikannya masing-masing juga diserbu pembeli dan omzet mereka naik dua kali lipat pada hari kedua,” kata Andre kepadan Betanews.id melalui siaran tertulisnya, Senin (12/9/2022).

Andre mengatakan, tingginya nilai transaksi pada Pekan UMKM Kudus ini menunjukkan bahwa Kabupaten Kudus kini sedang bangkit dari keterpurukan ekonomi di pandemi Covid-19. Tingginya nilai transaksi pada kesempatan kali ini juga diharapkan bisa menjadi titik tumpu kebangkitan UMKM Kudus yang sebelumnya juga meredup karena adanya pandemi.

”Kami ucapkan terima kasih pada PT Sukun Wartono Indonesia yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi UMKM dan masyarakat Kudus ini,” tandasnya.

Baca juga: Baru 25 Persen UMKM di Jateng yang Jualan Online

PT Sukun pun berencana menjadikan even ini sebagai even tahunan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia HUT ke-75 tahun PT Sukun Wartono Indonesia Deka Hendratmanto saat penutupan Pekan UMKM Kudus 2022 di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

”Kami dari panitia ulang tahun ke 75 perusahaan berharap akan ada event kedua, event ketiga, dan seterusnya. Akan kami evaluasi kembali dan kami harap ini bisa menjadi even tahunan perusahaan dan bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kudus,” ucap Deka.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler