31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUSMuseum Kretek Disebut...

Museum Kretek Disebut Bisa Jadi Obyek Pemajuan Kebudayaan di Kudus

BETANEWS,KUDUS – Museum Kretek tidak hanya memiliki tugas melindungi, mengembangkan, dan menambah koleksi. Melainkan juga memberikan informasi menjadi obyek pemajuan kebudayaan di Kabupaten Kudus.

Hal itu diungkapkan Sub Koordinator Museum, Sejarah, dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang Retna Dyah Radityawati saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Sosialisasi Museum Kretek. Ia menerangkan, dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017, bahwa salah satu pemajuan kebudayaan merupakan usaha menunjukkan identitas bangsa.

Sosialisasi yang digelar Museum Kretek. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Museum Kretek Gandeng Gabungan Insan Pemuda Perjalanan Wisata Kudus

- Ads Banner -

“Jadi proses untuk pemajuan kebudayaan kretek adalah unsur pengetahuan tradisional, yang menciptakan teknologi tradisional dan simbol kearifan lokal masyarakat Kudus,” katanya saat mengisi materi sosialisasi di Museum Kretek pada Senin, (19/9/2022).

Menurut Retna, mengenalkan kretek tidak hanya diperlihatkan beberapa koleksinya saja. Pengunjung juga dapat terlibat dalam pembuatan rokok, seperti batil sambil mendengarkan sejarah kretek di Kudus.

“Pengunjung tidak hanya melihat, melainkan bisa berkegiatan bersama. Museum Kretek mungkin pas dapat tamu dari luar diajari bikin rokok atau batil. Sehingga kretek tidak menjadi stigma negatif dari generasi muda. Biro tour bisa menambahkan kepada pengunjung, karena kretek menjadi branding dari Kudus sendiri,” ujarnya.

Retna meminta agar dari pihak biro mampu mengubah stigma buruk terhadap kretek. Yakni, dengan memberikan edukasi dan wisata yang menyenangkan dalam memperkenalkan Museum Kretek.

“Sebenarnya menjadi biro wisata itu bisa menjual museum kretek ini menjadi area kesenangan. Harus juga memberikan edukasi kepada pengunjung agar tidak salah kaprah termasuk generasi muda, sehingga tidak gagal paham dengan kretek,” terangnya.

Baca juga: Ternyata Ini Sosok Penggagas Museum Kretek Kudus

Mendengar sambutan Ketua UPTD Museum dan Taman Budaya Yusron, Retna turut mendukung dengan adanya fasilitas ramah disabilitas. Ia berharap upaya itu dapat meningkatan wisatawan untuk berkunjung ke Museum Kretek.

“Saya mendukung dengan adanya fasilitas ramah untuk saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus. Apalagi seharusnya Kudus lebih maju lagi daripada Rembang,” paparnya.

Editor : Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler