31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSDemo Tolak Kenaikan...

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, PKS Kudus: ‘Kurangi Subsidi BBM tapi Maksa Bangun IKN’

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kudus menggelar demonstrasi di Jalan Sunan Kudus, Sabtu (10/9/2022). Demo tersebut dalam rangka menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang belum lama ini diumumkan oleh Presiden Jokowi.

Dengan membentangkan spanduk sepanjang 50 meter, mereka berorasi agar kenaikan harga BBM dibatalkan, sebab akan menambah penderitaan rakyat yang belum lama keluar dari masa sulit pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kabupaten Kudus, Sayyid Yunanta mengatakan, meskipun banyak penolakan dari berbagai kalangan, tapi pemerintah tak bergeming dengan tetap menaikkan harga BBM bersubsidi.

- Ads Banner -

Baca juga: Sopir Angkot di Kota Semarang Kian Nelangsa Akibat Naiknya Harga BBM

“Oleh sebab itu, PKS dari pengurus pusat melalui Presidennya Ahmad Syaikhu, Fraksi PKS di DPR RI, pengurus wilayah dan daerah sudah tegas mengatakan penolakan terhadap kebijakan pemerintah yang sangat tidak berpihak kepada rakyat kecil ini,” teriaknya saat memberikan orasi.

Dia menuturkan, masih banyak solusi lain yang bisa diambil pemerintah selain mengurangi subsidi BBM. Menurutnya, beban utang dan bunganya yang terlalu banyak menjadi biang kerok pencabutan subsidi BBM bersubsidi.

“Padahal BBM bersubdisi memang seharusnya dinikmati oleh rakyat Indonesia. Hal itu sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33,” jelasnya.

Baca juga: Tolak Kenaikan Harga BBM, PKS Kudus: ‘Jangan Bebani Rakyat Lebih Berat Lagi’

Kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi di tengah rakyat sedang berjuang untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 bukanlah pilihan tepat. Sebab, di kala Pemerintah mengurangi subsidi BBM tapi memaksakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, yang menelan anggaran sangat besar.

“Padahal tidak ada yang urgent dari pembangunan IKN tersebut. Seharusnya Pemerintah bisa menunda pembangunan IKN dan tetap memberikan subsidi untuk BBM,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler