31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSBawa Rokok Ilegal...

Bawa Rokok Ilegal Senilai Ratusan Juta, Bea Cukai Kudus Amankan Minibus Beserta Sopir dan Kernet

BETANEWS.ID, KUDUS – Bea Cukai Kudus beserta Tim Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  kembali menindak peredaran rokok ilegal. Dalam penindakan tersebut, pihaknya mengamankan kurang lebih 334.200 batang rokok ilegal.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) KPPBC Tipe Madya Kabupaten Kudus Dwi Prasetyo Rini mengatakan, penindakan tersebut bermula adanya informasi ada sebuah minibus sedang mengangkut rokok ilegal. Berdasarkan informasi tersebut, tim melakukan pencarian di Jalan Raya Pati-Kudus.

“Tim mendapatkan informasi itu pada pukul 2.00 WIB. Setelah melakukan pencarian, sekitar pukul 3.15 WIB tim menemukan mobil minibus sesuai dengan yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Raya Pati-Kudus,” ujar Rini melalui siaran tertulisnya, Rabu (14/9/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Lagi-lagi Bea Cukai Kudus Tindak Rokok Ilegal, Kali Ini dengan Modus Dicampur Pupuk

Kemudian, lanjutnya, tim berusaha menghentikan mobil dan melakukan pengejaran. Setelah melakukan pengejaran selama 15 menit atau tepatnya pukul 3.00 WIB, tim berhasil menghentikan minibus dan melakukan pemeriksaan di Jalan Lingkar Timur, Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Dari hasil pemeriksaan, jelasnya, ditemukan 134 bale dan 331 slop rokok dengan merek Dubai, Guci Black, dan GiCo Black tanpa dilekati pita cukai. Total ada 334.200 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan oleh tim gabungan.

“Perkiraan nilai barang rokok ilegal kurang lebih Rp339 juta, Dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp258 juta,” ungkapnya.

Baca juga: Bea Cukai Kudus Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal yang Diselundupkan Bersama Pupuk

Selanjutnya, kata dia, semua barang bukti yakni rokok ilegal, mobil minibus beserta sopir (ZJ) dan kernet (S) dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rini menjelaskan, peredaran rokok ilegal merupakan tindak pelanggaran pidana sesuai UU Cukai. Pelanggaran dalam memasarkan dan menjual rokok ilegal dapat dikenakan pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling banyak lima tahun.

“Serta pelaku juga bisa kena denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar,” tegasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler