31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Tips Sukses Berwirausaha Ala Mawar Hartopo

BETANEWS.ID, KUDUS – Ketua Tim Penggerak PKK Kudus Mawar Hartopo memberi tips sukses berwirausaha kepada peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus, Senin (19/7/2022). Menurutnya, modal dalam usaha memang sangat penting, meski tak harus besar. Oleh sebab itu, uang usaha jangan diotak-atik untuk hal lain.

“Berwira usaha itu tidak perlu harus dengan modal besar, tapi harus berani memulai dengan modal kecil,” ujarnya.

Istri Bupati Kudus yang diketahui sukses dalam menjalankan berbagai usaha, seperti skincare, resto atau kafe, hingga tempat kebugaran itu memberi saran kepada peserta jangan agar tidak terjun di usaha yang lagi hits. Sebab, sesuatu yang lagi trend akan cepat usai masanya. Beberapa bulan lagi pasti akan ada lagi usaha yang naik daun dan tentunya yang lama pasti ditinggalkan pembeli.

-Advertisement-

Baca juga: Mawar Hartopo Berharap Peserta Pelatihan BLK Kudus Bisa Jadi Juragan

“Hindari berwirausaha yang lagi hits sebab percuma dan akan buang-buang modal saja,” beber Mawar.

Selain itu, kata dia, manajemen keuangan juga harus bagus, termasuk menyisihkan sebagian keuntungan saat ada untung. Bahkan, ia harus membuat rekening bank yang sengaja tak dikasih anjungan tunai mandiri (ATM).

“Uang di rekening bank yang tak ada ATMnya itu sebagai tabungan. Berapa pun jumlahnya jangan ditarik. Hal itu sudah saya lakukan sejak duduk di bangku SMA,” ungkapnya.

Satu lagi yang sangat penting, tutur Mawar, yakni marketing. Ketika jadi pengusaha, seseorang dituntut sekreatif mungkin memasarkan produknya agar diminati pelanggan. Jangan takut bersaing, yang penting produknya punya kualitas pasti laku.

“Pokoknya harus pintar marketingnya. Mikirnya bagaimana pemasaran itu mampu bikin produk kita sangat menarik bagi pelanggan,” ujarnya.

Baca juga: Mawar Hartopo Sebut Banyak Warga Miskin di Kudus Belum Tercover JKN-KIS

Dia pun berpesan, jika kelak ada peserta pelatihan ada yang menjadi pengusaha sukses, agar dapat merangkul penyandang disabilitas untuk bekerja. Pasalnya, dirinya sebagai penggerak PKK kerap menemui penyandang disabilitas yang tetap produktif. Pemerintah juga terus memperjuangkan demi terbukanya lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

“Saya nitip kalau sudah sukses nantinya bisa merangkul disabilitas untuk bekerja. Mereka yang tergabung dalam FKDK justru sangat produktif dan kebanyakan memiliki keterampilan. Saya pernah jumpai waktu kegiatan PKK yang terampil menjahit,” pungkas Mawar.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER