31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Penerapan Aplikasi MyPertamina Juga Diujicobakan di Solo, Begini Cara Pendaftarannya

BETANEWS.ID, SOLO –Kota Solo termasuk dalam perluasan daerah PT Pertamina (Persero) yang mewajibkan pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Diketahui, sebelumnya pembelian BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar dengan pendaftaran MyPertamina hanya berlaku di 13 kabupaten/kota.

Terbaru, ada 50 kabupaten/kota di 27 provinsi yang wajib daftar MyPertamina untuk membeli Pertalite atau Solar Subsidi. Salah satunya adalah Kota Solo.

-Advertisement-

Baca juga: Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina, Ternyata Alasannya Karena Ini

Area Managar Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasco Galih Nugroho mengatakan, bahwa pemberlakuan penggunaan MyPertamina untuk mendapatkan subsidi pembelian pertalite dan solar di Kota Solo saat ini masih dalam tahap pendaftaran di seluruh SPBU di Solo.

Brasco juga mengatakan, bahwa pendaftaran kendaraan untuk mendapatkan subsidi bahan bakar tersebut hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih sama seperti biasa tanpa diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina.

“Ini kita sampaikan sekali lagi, bahwa penggunaan subsidi ini untuk kendaraan roda 4 saja,” kata Brasco, Kamis (21/7/2022).

Karena masih dalam proses pendataan, Brasco menjelaskan, bahwa saat ini masyarakat Solo masih bisa melakukan pembelian BBM seperti biasa tanpa perlu menggunakan aplikasi MyPertamina.

“Kalau yang website MyPertamina saat ini masih tahap pendaftaran belum ke tahap implementasi, transaksi BBM subsidi masih seperti biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Brasco menjelaskan,untuk mensukseskan program tersebut, Pertamina akan melakukan sosialisasi di sejumlah SPBU di Kota Solo.

Baca juga: Pertamina Pastikan Aman Gunakan Ponsel di SPBU

Adapun untuk pendaftaran untuk mendapatkan BBM subsidi berjenis pertalite dilakukan dengan mengakses situs http://subsiditepat.mypertamina.id bukan melalui aplikasi. Langkah-lanngkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  3. Centang informasi memahami persyaratan
  4. Klik daftar sekarang
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut.
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dari website, dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER