31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaPENDIDIKANHanya Punya 1...

Hanya Punya 1 Siswa Baru, Kepala SDN 197 Sriwedari Sebut Bukan Karena Masalah Zonasi PPDB

BETANEWS.ID, SOLO – Kepala SDN 197 Sriwedari Solo, Bambang Suryo Riyadi menyebut hanya adanya satu siswa baru di sekolahnya bukan karena masalah zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dia mengatakan, secara geografis SD itu memang berada di lingkungan yang minim-anak anak.

“Secara geografis SD ini berada di lingkungan perhotelan, pertokoan, GOR, serta di sini untuk perkampungannya sangat sedikit. Kebanyakan penduduknya juga usia tua,” beber Bambang, Rabu (13/7/2022).

Selain itu, Bambang mengatakan bahwa di lokasi tersebut banyak orang dengan tingkat perekonomian yang tinggi, sehingga mereka memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta yang dirasa lebih bagus.

- Ads Banner -

Baca juga: Kisah Azzam yang Jadi Siswa Baru Satu-satunya di SDN 197 Sriwedari Solo

“untuk PPDB kemarin ada tiga yang mendaftarkan di sini. Yang dua mendaftarkan diri sebagai pilihan kedua. Karena mereka keterima di pilihan kesatu, jadi otomatis hanya satu siswa yang keterima,” jelas Bambang.

Bahkan, Bambang mengatakan bahwa satu orang siswa baru itu bukan merupakan siswa yang berdomisili di Kelurahan Sriwedari, melainkan dari Kelurahan Panularan dengan jalur afirmasi.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa minimnya jumlah peserta didik bari itu tidak sepenuhnya soal penerapan sistem zonasi. Ia mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya jumlah peserta didik baru di SDN 197 Sriwedari tidak lebih dari 10 orang siswa.

Baca juga: Tahun Ini Anak Pemulung hingga TKI Bisa Sekolah Gratis di SMKN Jateng

“Tahun kemarin di kelas I hanya lima siswa, kelas II itu ada tiga. Tapi tetap belajar seperti biasa. Jadi ndak mengurangi apapun tapi tetap sama malah seperti privat itu,” ujarnya.

Bambang sebenarnya juga sudah dihubungi oleh Dinas Pendidikan Kota Solo dan ditawari regrouping utuk sekolah yang jumlah siswa barunya sangat sedikit.

Regrouping itu diperkirakan untuk tahun ajaran yang baru, jadi di sini harus sabar, karena untuk regrouping itu tidak mudah, ada penataan dulu, penataan kepala sekolah dan ada hubunganya dengan guru juga,” tandas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler