31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaSEMARANGDEMAKTradisi Grebeg Besar...

Tradisi Grebeg Besar Diawali dengan Acara Pisowanan di Kasepuhan Kadilangu

BETANEWS.ID, DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah mengawali tradisi Grebeg Besar dengan acara Pisowanan ke Kasepuhan Kadilangu di Sasana Rengga Kadilangu, Selasa (21/06/22). Kegiatan tersebut untuk membicarakan hal-hal pokok dalam melaksanakan kegiatan Penjamasan Pusaka peninggalan  Sunan Kalijaga pada tanggal 10 Zulhijah.

Bupati Demak Eisti’anah yang didampingi Wakil Bupati Ali Makhsun, Anggota Forkopimda, Pj Setda Eko Pringgolaksito itu disambut langsung oleh Sesepuh Raden Muhammad Cahyo Iman Santoso beserta kelurga ahli waris.

Bupati Eisti’anah menyampaikan, maksud dan tujuan Pisowanan yakni untuk melakukan kula nuwun (permisi) sebelum melakukan rangkaian acara peringatan Grebeg Besar.

- Ads Banner -

Baca juga: Kabar Gembira, Masuk Pasar Rakyat Grebeg Besar Akan Digratiskan

“Kami kula nuwun dan nyuwun pangestu untuk melakukan rangkaian kegiatan Grebeg Besar agar dapat berjalan sukses dan lancar,” kata Eisti.

Menurutnya, pelaksanaan tradisi Grebeg Besar itu diharapkan bisa terus dilaksanakan untuk menjaga adat istiadat agar tetap lestari.

“Saya harap kita saling bersinergi agar dapat meningkatkan pariwisata kita, membangun Kabupaten Demak lebih bermartabat, maju dan sejahtera,” tambahnya.

Sesepuh Ahli Waris Raden Muhammad Cahyo Iman Santoso juga menyampaikan, Penjamasan Pusaka Kanjeng Sunan Kalijaga setiap tahunnya dilaksanakan, karena ini merupakan potensi wisata Budaya di Demak.

“Semoga acara ini dapat berjalan secara rutin, karena hanya ada di Demak dan harus dilestarikan. Semoga rangkaian acara berjalan aman, lancar, damai, dan sukses. Semoga barokah Allah dan karomah Sunan Kalijaga berdampak kepada kita semua,” katanya.

Baca juga: Grebeg Besar Akan Digelar 24 Juni-16 Juli 2022, Ini Rangkaian Acaranya

Ketua Panitia Penyelenggara Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga Kristiawan Saputra menambahkan, acara Pisowanan ini merupakan awal rangkaian acara sebelum dilaksanakan Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga. Adapun rangkaian kegiatannya meliputi Pisowanan, Ziarah, Khataman Qur’an, Penerimaan abon-abon (ugorampe seperti minyak jamas dan bunga) dari keraton Surakarta Hadiningrat.

“Rencananya akan dilaksanakan kunjungan balasan dari pihak Kesepuhan ke Pemkab Demak. Karena hal ini sudah merupakan tradisi sejak dulu,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler