31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

Sampai Juni 2022, Kasus DBD di Demak Capai 116, 1 Orang Meninggal

BETANEWS.ID, DEMAK – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Demak mencatat angka Demam Berdarah Dengue (DBD) sampai Juni 2022 ada sebanyak 116 kasus. Rinciannya, Januari 43 kasus, Februari 30 kasus, Maret 13 kasus, April 15 kasus, Mei 12 kasus, dan Juni 3 kasus. Dari 116 kasus itu, ada 1 orang meninggal dunia.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi mengatakan, pihaknya telah menjalankan strategi untuk pencegahan DBD di Kabupaten Demak. Salah satunya adalah menggandeng Puskesmas melakukan sosialisasi dan penggerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M plus, pemberian larvasida (Abate), kemudian juga melakukan gerakan satu rumah satu Jumantik (G1R1J).

“Adapun pencegahan demam berdarah dengue PSN 3M Plus yakni menguras dan membersihkan tempat penampungan air, seperti bak mandi, Menutup rapat semua tempat penampungan air, memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas, dan mencegah perkembangbiakan nyamuk, seperti menggunakan obat anti nyamuk, tidak menggantung pakaian di dalam kamar, dan lainnya,” beber dia, Jumat, (17/6/2022).

Baca juga: Selama 2021 Kasus DBD di Kudus Capai 175 Kasus, 3 Meninggal

Selain itu, lanjutnya, setiap ada laporan kasus demam berdarah segera melaksanakan penyelidikan epidemiologi guna mendasari tindak lanjutnya. Tindakannya seperti sosialisasi, PSN maupun pemberian larvasida, bahkan juga fogging bila diperlukan.

Fogging dilakukan guna memutus rantai penularan akan tetapi juga harus dibarengi dengan pemberantasan sarang nyamuk,” jelas Kurniawan.

Dia berharap, setiap rumah atau perkantoran atau bangunan ada yang ditugaskan untuk memantau jentik, sehingga angka bebas jentik tinggi.

“Dengan melakukan bersama-sama secara berkala melaksanakan pemberantas sarang nyamuk semoga kasus DBD di Kabupaten Demak bisa turun bahkan tidak ada kasus.” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER