31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSDispertan Kudus Ajari...

Dispertan Kudus Ajari Warga Gebog Bikin Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik yang diikuti puluhan peserta di Kudus Farm, Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Rabu (29/6/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kudus Agus Setiawan menjelaskan, acara tersebut bagian dari integrasi antara pertanian dan peternakan, sehingga bisa saling berkesinambungan.

“Ternak itu tidak bisa lepas dari tanaman. Jadi dari kotoran ternak itu, kita dorong untuk dibikin pupuk organik,” bebernya.

- Ads Banner -

Selain itu, pupuk organik juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanah, bahkan lebih efektif dari pupuk kimia karena unsur haranya lebih komplet.

Baca juga: Desa Gondosari Kudus Punya ‘Kapal Selam’ yang Mampu Hasilkan Pupuk Organik

“Kalau pupuk kimia kan hanya sediakan unsur hara yang tidak sebanyak pupuk organik. Jadi kita dorong para peternak untuk lebih memanfaatkan kotoran dari ternaknya dijadikan pupuk organik,” katanya.

Koordinator balai penyuluhan pertanian Alfian Eko Ardiyanto mengatakan, acara tersebut merupakan program dari kementan yang sudah dicanangkan dan dimulai sejak 2016.

“Tujuannya agar kami bisa melihat kondisi atau potensi di wilayah kecamatan masing-masing. Kemudian di Kecamatan Gebog sendiri ini sebenarnya banyak potensi yang ada dan banyak peternak maupun bercocok tanam. Oleh karena itu, dengan adanya acara ini diharapkan para peternak mampu membuat pupuk organik sendiri,” jelas Alfian.

Baca juga: Pupuk Cair dari Urine Kelinci Buatan Anshori Ini Jadi Buruan Petani

Pemilik Kudus Farm Taufiq menambahkan, acara tersebut dihadiri 25 peserta dari perwakilan delapan desa yang ada di Kecamatan Gebog.

Katanya, acara tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan penyuluhan untuk bisa membuat pupuk organik sendiri dan bisa dimanfaatkan pada tanaman maupun buah yang dimiliknya.

“Peserta dari perwakilan peternak dan petani yang ada di Kecamatan Gebog. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan bisa memberikan pencerahan dan pgetahuan baru, yang bisa bermanfaat,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler