31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaBISNISSulap Karung Goni...

Sulap Karung Goni Jadi Aneka Kerajinan Bernilai Jual Tinggi, Cuan pun Berdatangan

BETANEWS.ID, KUDUS – Aneka produk kerajinan dari karung goni itu tampak terpajang rapi di sebuah rumah Jalan Kudus-Besito, Desa Gribig RT 4 RT 1, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Di dekat etalase itu, seorang pria berkaus hijau tampak sedang membuat peci. Peci karung goni memang sedang digandrungi banyak orang akhir-akhir ini. Hal itu lah yang membuat pria bernama Taufiq (48) itu melebarkan sayap meramaikan pasar produk dari bahan limbah tersebut.

Pemilik Alhamdulillah Art itu menjelaskan, mulai membuat aneka kerajinan berbahan karung goni sejak 2020. Awal ide membuat aneka kerajinan itu karena ada permintaan dari pelanggan baki lamaran.

“Sebelumnya saya itu punya usaha bikin dan menjual baki hantaran. Hingga suatu waktu ada permintaan baki hantaran dengan konsep rustik. Konsep rustik itu baki lamaran yang semua bagian dihias dengan bahan alam,” ujar Taufiq kepada Betanews.id, Selasa (17/5/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Produk Goni Ar-Rikna yang Bikin Penampilan Makin Modis Ini Harganya di Bawah Rp 75 Ribu

Satu di antara bahan alam yang digunakan ialah goni. Karena harga goni lembaran mahal, ia pun berinisiatif membeli karung goni. Karena harga lebih murah, ia pun membelinya dalam jumlah banyak.

“Saat itu saya beli karung goni satu bajaj. Sehingga setelah pesenan baki lamaran konsep rustik selesai saya bikin, karung goninya sisa banyak. Mau saya jual lagi lakunya lama, sehingga timbul ide untuk membikin karung goni jadi aneka kerajinan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, karung goni itu pun dibikin kerajinan berbentuk hati dengan hiasan bunga. Saat itu ia bikin langsung banyak dan dipajang di etalase tokonya. Ia pun yakin pasti laku, toh jika tak laku dalam waktu lama juga tidak busuk.

“Selain saya pajang di etalase toko, juga saya pasarkan melalui media sosial. Alhamdulillah peminatnya banyak,” bebernya.

Ia pun kemudian membuat kreasi kerajinan lain. Di antaranya souvenir hati tapi ukurannya kecil, kemudian tas atau dompet berbahan goni, boneka, serta peci. Aneka kerajinan itu ia banderol bervariasi mulai yang termurah Rp15 ribu hingga Rp125 ribu.

Baca juga: Di Tangan Wulan, Karung Goni Disulap Jadi Produk-Produk Cantik Bernilai Jual Tinggi

“Sekarang, untuk produk kerajinan dari karung goni saya bikinnya pas ada pesanan saja. Selama ini peminatnya meliputi Kudus, Jepara, dan Pati,” ujarnya.

Menurutnya, proses pembuatan aneka kerajinan dari karung goni itu lumayan cepat. Sehari bisa bikin sampai 20 buah, kecuali dompet yang proses pembuatannya lebih lama.

“Pembuatan dompet lebib lama. Dalam sehari paling bisa bikin satu saja. Saya berharap aneka kerajinan dari goni  yang saya bikin makin diminati dan makin laris,” tandas Taufiq.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler