31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaKUDUSSekolah di Kudus...

Sekolah di Kudus Sudah Diperbolehkan Gelar PTM 100 Persen

BETANEWS.ID, KUDUS – Menyusul kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus terus melandai, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus mulai mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Baik itu bagi jenjang taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP).

Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada melalui Surat Edaran (SE) Nomor 420/798/09.02/2022 Disdikpora Kudus mengintruksikan, bahwa PTM seratus persen dimulai sejak Kamis kemarin, 12 Mei 2022.

Baca juga : PTM di Kudus Dimulai, Pedagang Seragam Sekolah Kebanjiran Cuan

- Ads Banner -

“Ya PTM sudah mulai seratus persen dan surat pemberitahuan sudah kami edarkan ke sekolah-sekolah,” kata Harjuna, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan PTM penuh, jumlah peserta didik seratus persen dari kapasitas tempat duduk. Lamanya kegiatan belajar mengajar pun dibatasi maksimal 6 jam pelajaran tiap harinya.

“35 menit untuk tiap pembelajaran tingkat SD dan 40 menit tiap pembelajaran tingkat SMP,” sebut Harjuna dalam SE.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga sudah mulai diizinkan. Keberadaan kantin sekolah yang sebelumnya dilarang beroperasi, kini sudah boleh dibuka kembali.

Kemudian kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah juga diperbolehkan sesuai dengan ketentuan pengaturan PPKM yang berlaku, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kegiatan karya wisata siswa juga dapat mulai dilaksanakan dengan melihat situasi dan kondisi tempat tujuan dengan mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada siswa, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya yang belum melakukan vaksinasi lengkap untuk segera melengkapi. Yakni, mengikuti vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat. Satuan pendidikan juga diminta untuk tetap menerapkan kewaspadaan atau upaya lainnya sebagai langkah mempercepat tercapainya herd immunity.

“Satgas Covid-19 di satuan pendidikan harus bekerja secara maksimal. Penerapan SOP protokol kesehatan di lingkungan satuan pendidikan harus diterapkan dan diawasi oleh satgas masing-masing,” imbau Harjuna.

Baca juga : PTM 100 Persen di Kudus, Disdikpora Pastikan Prokes Berjalan Baik

Di sisi lain Kepala SDIT Al Islam Kudus, Sisi Utami mengaku senang dengan penerapan PTM seratus persen. Pihaknya berharap, keputusan tersebut terus berlanjut dan Kudus bisa kembali normal seperti sebelumnya.

“Alhamdulillah kami sangat senang sekali dengan adanya PTM seratus persen. Kami akan tetap menjaga protokol kesehatan dan waspada,” katanya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler