31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSKondisi Rusunawa Kudus...

Kondisi Rusunawa Kudus Memprihatinkan, Plafon Jebol dan Banyak Lumut

BETANEWS.ID, KUDUS – Jemuran tampak menghiasi berbagai sisi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kudus yang berada di Desa Bakalankrapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Di beberapa bagian, dak beton bangunan tersebut terlihat berlumut menandakan bocor. Serta ada puluhan kamar yang rusak sehingga tidak layak huni. Itulah keadaan Rusunawa Kudus saat ini yang cukup memprihatinkan.

Di Twin Blok (TB) 1 Rusunawa Kudus, kata Admin yakni Firda Aulia (25) ada 15 kamar yang rusak dari total 99 kamar. Kerusakan meliputi plafon jebol, keramik mengelupas serta ada beberapa bagian cat yang mengelupas.

Kondisi di bagian depan kamar penghuni Rusunawa Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Kamar Rusunawa Kudus Banyak yang Kosong, Warga yang Lagi Cari Tempat Tinggal Silakan Merapat

- Ads Banner -

“Plafon jebol itu dikarenakan bocor. Biasanya yang banyak terjadi itu kamar di lantai lima. Kamar di lantai satu itu juga ada yang rusak bagian pintunya,” ujar perempuan yang akrab disapa Firda kepada Betanews.id, Rabu (18/5/2022).

Kamar rusak juga terjadi di TB2, menurut adminnya yakni Muhammad Setiyawan, di TB2 ada enam kamar yang rusak. Kerusakan sama dengan TB lainnya.

“Kerusakan sama dengan TB lain. Bocor yang mengakibatkan plafon jebol serta keramik mengelupas. Karena kerusakan itu sehingga kamar kurang layak untuk dihuni,” ungkap Wawan.

Pantauan di lokasi, Rusunawa TB1 dan TB2 bangunannya memang terlihat memprihatinkan. Beberapa bagian banyak yang berlumut. Di beberapa bagian, terdapat keramik yang mengelupas. Besi yang menempel di bawah lisplang juga banyak yang berkarat dan terkikis.

Penutup pipa pvc instalasi pembuangan dari kamar mandi beberapa ada yang terlepas. Di TB3, plafon teras sepanjang 9X2 meter tampak jebol. Tak hanya itu saja, sampah juga terlihat berserakan. Bahkan kolam taman terlihat banyak sampah.

Dihubungi terpisah, Sekertaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus Rofiatun mengakui terdapat beberapa kerusakan di bangunan Rusunawa Kudus. Terutama di lantai lima itu banyak plafon kamar yang jebol.

Baca juga : Berminat Sewa Kamar di Rusunawa Kudus? Ini Persyaratan dan Tarifnya

“Di lantai atas itu memang banyak kamar yang bocor, sehingga esbesnya jebol,” ujarnya saat dihubungi melalui WhatsApp.

Dia mengatakan, terkait kerusakan Rusunawa sudah diusulkan untuk perbaikan. Tahun ini ada alokasi anggaran dari APBD untuk perbaikan dan rehabilitasi Rusunawa sebesar Rp 50 juta.

“Karena anggaran terbatas, itu jelas tidak cukup untuk perbaikan secara menyeluruh. Jadi kita akan gunakan untuk yang prioritas terlebih dulu,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler