31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaDaerahPatiJalan Prawoto-Sukolilo Rusak...

Jalan Prawoto-Sukolilo Rusak Parah, Warga : ‘Sudah Sejak 2018 Lalu dan Tak Kunjung Diperbaiki’

BETANEWS.ID, PATI – Kondisi ruas Jalan Prawoto-Sukolilo, Kabupaten Pati, kian parah. Terlihat banyak lubang di sepanjang jalan tersebut, sehingga membahayakan pengguna jalan.

Salah satu warga, Alif Handoko mengatakan, status jalan yang masuk jalan provinsi itu membuat pengendara yang lewat ruas jalan tersebut was-was akibat banyak lubang. Menurutnya, sering terjadi kecelakaan tunggal karena jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki.

Kondisi Jalan Prawoto-Sukolilo rusak parah. Foto: Kaerul Umam.

Baca juga : Perbaikan Jalan Rusak di Jepara Sudah Masuk Proses Tender, Ini Daftar Jalannya

- Ads Banner -

“Kalau terjadi kecelakaan tunggal banyak, tapi hanya luka-luka ringan tidak sampai parah. Ada juga mobil dump dengan muatan over load terkena kendaraan lain juga pernah, karena jalannya banyak berlubang,” beber pria yang akrab disapa Alif kepada betanewa.id, Rabu(11/5/2022).

Ia menuturkan, banyaknya lubang pada ruas jalan tersebut diakibatkan karena setiap harinya banyak mobil dump yang bermuatan berat lewat. Menurutnya, lebih 50 kendaraan muatan berat yang beroperasi mengambil tambang tanah, yang kemudian dikirim lagi ke luar kota.

“Setiap hari kan banyak mobil dump yang bermuatan berat lewat sini, itu yang jadi masalah utama. Karena sebelum ada kendaraan muatan berat melewati jalan ini, jalan tidak sampai seperti ini,” jelas warga Desa Wegil RT 2 RW 1, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati tersebut.

Jalan rusak tersebut, kata Alif, sudah sejak 2018 yang lalu dan tak kunjung diperbaiki sampai sekarang. Ia merinci, di Desa Wegil sendiri terdapat 5 sampai 6 titik jalan yang rusak parah. Belum lagi di daerah luar desa, di sepanjang jalan tersebut.

“Sebagai warga, kita kan bayar pajak rutin setiap tahun kan ya. Semoga cepat diperbaiki jalannya, biar akses jalan nyaman, selamat sampai tujuan, dengan perjalanan yang nyaman, tidak ada kecelakaan,” harapnya.

Baca juga : Temukan Jalan Rusak Akibat Galian C di Purbalingga, Ganjar: ‘Kalau Rusak, Masyarakat yang Dirugikan’

Hal senada juga diungkap Edy Mukisto yang juga warga Desa Wegil RT 6 RW 2, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Menurutnya, selama ini jalan tersebut belum pernah ada perbaikan dari pemerintah. Namun, 4 bulan terakhir ini ada sebagian jalan yang diperbaiki dari dana aspirasi lewat pengajuan pemerintah desa (pemdes).

“Tidak semua jalan diperbaiki, kurang lebih hanya sepanjang 4 sampai 5 kilometer yang diperbaiki dengan aspal. Selebihnya hanya dilakukan pengurugan tanah biasa, yang pada musim hujan jalan tersebut rusak lagi. Pengurugan ini juga dilakukan setiap sebulan sekali,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler