31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Ingin Khusyuk Ibadah Ketika di Tanah Suci, Sukino Pilih Beli Oleh-oleh Haji di Pasar Kliwon Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Seoarang pria mengenakan baju putih dan peci bersama istri, anak dan cucunya terlihat memasuki salah satu kios di Pasar Kliwon Kudus. Ia terlihat memilih puluhan sajadah. Setelah tanya harga, ia pun memborong sajadah yang dipilihnya. Pria tersebut yakni Sukino (59) jemaah calon haji yang berangkat tahun ini.

Usai membeli sajadah, ia pun pergi ke kios lain untuk membeli beberapa perlengkapan ibadah yang lain. Ia menuturkan, membeli berbagai perlengkapan ibadah untuk dijadikan oleh-oleh haji.

Sukino saat bebelanja oleh-oleh haji di Pasar Kliwon Kudus. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Sempat Tertunda Karena Pandemi, Sukino Sujud Syukur Tahun Ini Bisa Berangkat Haji

-Advertisement-

“Saya membeli berbagai perlengkapan ibadah ini untuk oleh-oleh haji. Saya sengaja membelinya di Pasar Kliwon Kudus, karena ketika di Tanah Suci ingin khusyuk beribadah haji dan tak ingin disibukan dengan membeli oleh-oleh,” ujar Sukino kepada Betanews.id, Senin (16/5/2022).

Sukino mengatakan, membeli berbagai oleh-oleh ibadah haji di Pasar Kliwon Kudus. Antara lain, sajadah, sarung, surban dan lainnya. Meski ingin khusyuk beribadah saat di Tanah Suci Mekkah, ia mengaku tetap ada oleh-oleh tertentu yang dibeli langsung di sana.

“Untuk air zam-zam, kacang Arab, manisan Arab, serta kurma saya memang beli langsung di Tanah Suci Mekkah. Barang-barang spesial itu kalau beli dari sana kan jelas yakin keasliannya,” ungkapnya.

Dia mengatakan, membeli perlengkapan ibadah itu dalam jumlah cukup banyak. Sebab, tradisi di kampungnya saat ada yang pulang dari ibadah haji biasanya memang membagikan oleh-oleh ke kerabat dan tetangga.

Baca juga : Pasar Kliwon, Pusatnya Oleh-oleh Haji Terbesar di Pantura Timur

“Itulah sebabnya beberapa saya pilih beli di Pasar Kliwon Kudus, karena bisa dapat harga grosir. Selain itu tidak terkena uang bagasi pesawat, hal itu tentu berbeda jika membeli semua oleh-oleh itu di Arab Saudi,” jelasnya.

Jemaah calon haji yang berasal dari Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati itu mengaku, akan berangkat haji pada tanggal 2 Juni 2022 bersama istrinya. Ia pun berharap diberi keselamatan dan bersama istrinya jadi haji yang mabrur.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER