31 C
Kudus
Kamis, Juni 30, 2022
spot_img
BerandaKUDUSDibujuk Mawar Hartopo,...

Dibujuk Mawar Hartopo, Kakek Amir yang Tinggal di Gubuk Akhirnya Mau Pindah ke Panti Sosial

BETANEWS.ID, KUDUS – Selepas azan Dzuhur, Rabu (18/5/2022), rombongan mobil berpelat merah terlihat mendatangi gubuk kakek Amir (67) yang terletak di Dukuh Kalangan RT 4 RW 1, Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Dari salah satu mobil itu, keluar lah istri Bupati Kudus, Mawar Hartopo.

Dengan didampingi Camat Kaliwungu dan Kepala Desa Setrokalangan, Mawar terlihat mengobrol dengan Kakek Amir. Dari obrolan itu, Mawar terlihat antusias mendengarkan cerita kakek yang tinggal sendiri tersebut. Kedatangannya itu pun sembari memberikan bantuan pakaian, alat salat, peralatan mandi, dan makanan.

“Iya tadi ngobrol sama Kakek Amir, katanya dia tinggal sendirian di sini. Tidak ada siapa-siapa. Juga dia sedang sakit, setelah kecelakaan kakinya patah,” cerita Mawar.

- Ads Banner -

Baca juga: Kisah Pilu Kakek Renta di Kudus yang Sudah Dua Tahun Tinggal di Gubuk

Melihat kondisinya, Ketua TP PKK Kudus itu pun membujuk Kakek Amir agar mau direhabilitasi dan tinggal di panti sosial untuk mendapatkan perawatan yang lebih layak. Setelah berbincang cukup lama, Kakek Amir pun langsung menerima ajakan Mawar untuk pindah tempat tinggal.

“Tadi mau untuk direhab di panti. Soalnya kita sebagai ‘anak’ kan nggak tega lihat orangtua hidup sendiri. Jadi paling benar memang harus dibawa ke panti. Alhamdulillah tadi bekerja sama dengan kecamatan, desa, lancar semua. Kakek Amir mau dirawat di panti sosial,” ungkap Mawar.

Di sisi lain, Mawar mengakui masih banyak kakek nenek di Kudus yang hidup sebatang kara. Pihaknya tak bisa menyebutkan secara pasti berapa jumlahnya, hanya memang banyak di antara mereka memilih tinggal sendiri tanpa anak-anaknya.

“Alasannya karena ada kenangan memori di rumah itu, jadi mereka tidak mau pindah. Kalau mereka tidak mau pindah, kita ya tidak bisa memaksa,” ungkapnya.

Baca juga: Ada Warganya yang Tinggal di Gubuk, Kades Setrokalangan Sebut Sudah Siapkan BLT

Sementara itu, Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan menyebut, Kakek Amir akan direhabilitasi di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia “Pucang Gading” Semarang, di bawah pengelolaan Kementerian Sosial Provinsi Jawa Tengah. Harapannya, Kakek Amir bisa mendapatkan perawatan dengan baik hingga kondisinya bisa kembali sehat.

Kepada anak-anaknya, Satria berharap mereka bisa terbuka hatinya. Bila tiba waktunya, mendatangi Kakek Amir di panti sosial dan mengajak serta merawatnya sendiri di rumah.

“Perawatan di panti ini sifatnya sementara. Paling tidak di sana Mbah Amir bisa dapat perawatan kesehatan, ada teman ngobrol, ada perawat sehingga kesehatannya juga terjamin,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler