31 C
Kudus
Rabu, Juni 29, 2022
spot_img
BerandaKISAHDari Hanya Punya...

Dari Hanya Punya 4 Armada, PO New Shantika Kini Jadi Pelopor Bus ‘Sultan’ di Eks Karesidenan Pati

BETANEWS.ID, KUDUS – Di dalam garasi yang berada di Jalan Raya Kudus-Jepara Km 9, Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, tampak terjajar bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Beberapa bus tersebut ada yang sedang diservis oleh para mekanik. Tempat tersebut adalah garasi PO New Shantika pelopor bus ‘sultan’ di Eks Karesidenan Pati

Manajer operasional PO New Shantika Hartotok Priyo Wiyono menuturkan, PO Shantika dirintis sekitar 2005. Saat itu PO Shantika hanya memiliki empat armada serta trayeknya juga sangat terbatas.

“Saya sendiri gabung dengan PO New Shantika pada 2007. Namun, dari cerita PO Shantika itu dirintis hanya dengan empat armada saja, bus kelas eksekutif,” ujar pria yang akrab disapa Priyo kepada Betanews.id, beberapa waktu lalu.

- Ads Banner -

Dia menuturkan, selain armada yang minim rute jurusannya juga hanya satu saja yaitu arah Jepara-Kudus ke terminal Pulogadung pulang-pergi (PP). Lambat laun armada PO Shantika pun mulai bertambah.

Baca juga: Sambut Mudik, PO Shantika Tambah Empat Armada Baru, Ada Sleeper Bus

“Namun dalam proses berkembangnya PO Shantika mengalami berbagai masalah. Hingga kemudian kepemilikan PO Shantika diambil oleh Suhartono yang asli Kudus dan rekanan. Karena Suhartono seorang kontraktor, maka PO Shantika di bawah naungan PT Shantika Bangun Perkasa, namanya pun jadi PO New Shantika,” jelasnya.

Kemudian kata dia, garasi PO New Shantika yang tadinya berada di Kabupaten Jepara dipindah ke Kudus. Setelah berubah kepemilikan tersebut, perkembangan PO New Shantika cukup pesat. Saat ini PO Shantika sudah memiliki 57 armada.

“Rutenya pun makin banyak. Sekarang rutenya itu meliputi Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Lasem ke seluruh wilayah Jabodetabek dan Bandung PP,” bebernya.

Tak hanya melayani bus kelas eksekutif saja, kata dia, PO New Shantika juga memiliki bus kelas super eksekutif dan sleeper bus. Sleeper bus ialah bus mewah yang jika naik itu serasa hotel berjalan.

“Di Muria Raya ini, PO New Shantika yang pertama memiliki bus mewah kelas sultan. Bisa dibilang kami lah pelopornya,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, PO New Shantika memiliki enam sleeper bus, kemudian bus kelas super eksekutif yang joknya satu-satu ada delapan armada, dan yang kelas eksekutif ada 43 armada.

“Dengan membuat bus sultan itu kami ingin memberikan pelayanan yang prima kepada penumpang PO New Shantika. Para penumpang nyaman dan tak capek saat naik dan melakukan perjanan jauh dengan bus PO New Shantika,” ujarnya.

Baca juga: Ini Harga Tiket Mudik Bus Shantika dari Jabodetabek ke Eks Karesidenan Pati

Dia mengatakan, selama ini dengan adanya bus kelas super eksekutif dan sleeper bus respon penumpang sangat bagus. Bahkan, yang ditanyakan pertama para calon penumpang PO New Shantika itu pasti sleeper bus masih ada bangku yang kosong atau tidak.

“Biasanya begitu. Saat masih ada bangku kosong di sleeper bus penumpang pasti memilih bus sultan tersebut. Setelah itu baru bus kelas lainnya,” ungkapnya.

Ke depan kata dia, PO New Shantika pun akan melakukan ekspansi dengan menambah rute di daerah Jawa Timur, Purwodadi, Solo ke Jabodetabek PP. Di bidang digital, PO New Shantika kini juga sudah meluncurkan aplikasi My New Shantika yang bisa didownload di google playstore.

“Dengan aplikasi My New Shantika calon penumpang bisa membeli tiket dari mana saja. Proses bayarnya pun mudah bisa melalui e-banking dan e-wallet. Jadi sangat mempermudah para calon penumpang,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler