31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSBLK Kudus Buka...

BLK Kudus Buka Pelatihan Pengelasan dan Otomotif Mobil, Berikut Jadwalnya

BETANEWS. ID, KUDUS – Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus telah membuka pendaftaran pelatihan Plate Welder Smaw 3G UP PF (Pengelasan) dan Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi (otomotif mobil) pada 9-18 Mei 2022. Hingga kemarin, sudah ada 16 orang terpilih di masing-masing kelas kejuruan.

Kepala UPTD BLK Kudus Ervita Dewi mengungkapkan, pelatihan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), di mana ini tahap ketiga pelatihan bersumber dari anggaran yang sama.

Baca juga : BLK Kudus Adakan 10 Jenis Pelatihan Kejuruan Selama Tahun 2022

- Ads Banner -

“Total ada 10 pelatihan yang bersumber dari APBN dan kita sudah mulai sejak awal tahun 2022. Sejauh ini yang sudah jalan 6 kelas. Terdekat, pelatihan pengelasan akan kami mulai pada 25 Mei hingga 26 Juli 2022. Sedangkan otomotif mobil selama 38 hari, dari 25 Mei sampai 19 Juli 2022,” ungkap Ervita beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, bagi para peserta yang lulus ikut serta pelatihan diwajibkan melakukan daftar ulang sembari mengumpulkan persyaratan. Mulai dari fotokopi KTP, KK, ijazah sekolah terakhir, pas foto ukuran 3×4, hingga materai 10.000 ke kantor BLK Kudus pada Senin (23/5/2022) mendatang.

“Pelatihan nantinya akan berlangsung setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 07.00-14.15 WIB,” ungkapnya.

Tidak ada syarat khusus agar bisa mengikuti pelatihan ini. Ervita menyebut, siapa saja boleh ikut, baik itu warga Kudus maupun bukan. Namun dengan minimal usia 17-60 tahunan, asal masih produktif.

Dengan pelatihan yang diselenggarakan BLK, Ervita berharap mampu memberikan keterampilan dan daya saing bagi para alumni. Terlebih setelah mendapat pelatihan akan ada uji kompetensi pada setiap alumni.

“Harapan kami, kompetensi dari masing-masing peserta meningkat. Sehingga bisa menjadi bekal peserta untuk masuk ke dunia kerja atau membuka usaha secara mandiri,” harapnya.

Baca juga : Tahun Ini BLK Kudus Buka Kelas Menjahit, Tata Boga, dan Barista

Apalagi setelah mengikuti pelatihan di BLK, alumni akan diberikan sertifikat dikeluarkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang kompeten di bidangnya. Sehingga kemampuan lulusannya tidak diragukan lagi.

Untuk diketahui, pelatihan yang pernah diadakan BLK Kudus dengan bersumber APBN ada tata boga, tata kecantikan kulit, menjahit, barista, operator komputer, dan bahasa Inggris. Di bulan Juni 2022 akan ada pelatihan menggambar dengan teknik CAD dan frontliner.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler