31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Perhatikan! Warga yang Nekat Ngabuburit di Jalur Kereta Api Terancam Denda Rp 15 Juta

BETANEWS.ID, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melarang masyarakat beraktivitas di jalur kereta api. Salah satunya termasuk untuk bersantai menunggu waktu berbuka puasa atau saat menjelang fajar.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro mengatakan, banyak anak – anak, remaja menghabiskan waktu menjelang azan magrib dan setelah salat subuh untuk berkumpul di jalur kereta.

Baca juga : Antisipasi Aksi Premanisme, KAI Daop 4 Semarang Perketat Keamanan

“KAI dengan tegas melarang masyarakat berada di jalur kereta api untuk aktivitas apapun selain untuk kepentingan operasional kereta api,” jelasnya, saat dikonfirmasi, Sabtu (9/4/2022).

Larangan beraktivitas di jalur kereta api, telah ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 181 ayat (1) yang menyatakan, bahwa setiap orang dilarang berada di ruang jalur kereta api

“Ataupun menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api,”katanya.

Selain dapat membahayakan keselamatan, masyarakat yang melanggar juga dapat dikenai hukuman berupa pidana penjara paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 15 juta.

“Hukuman tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam pasal 199 UU 23 Tahun 2007,”ucapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kebiasaan yang berbahaya, karena frekuensi kereta api akan semakin meningkat khususnya di masa angkutan lebaran tahun ini.

“Saat mereka larut dalam keceriaannya bermain, mereka lupa bahwa posisinya saat itu ada di area terlarang yang dapat membahayakan dirinya,”terangnya.

Baca juga : PT KAI Kembali Beri Diskon Hingga 60 Persen Bagi Penumpang Kereta, Ini Syaratnya

Menurutnya, petugas dari unit pengamanan KAI selalu melakukan patroli di jalur KA untuk meyakinkan keamanan jalur demi keselamatan perjalanan KA.

“Sosialisasi langsung juga dilakukan kepada siapa saja yang ditemui oleh petugas keamanan KAI di sepanjang jalur kereta api wilayah yang diperiksa,” imbunya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER