31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaUMKMPemkab Kudus Galakkan...

Pemkab Kudus Galakkan Belanja Produk Parsel Lebaran dari UMKM

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebagai salah satu langkah untuk membangkitkan perekonomian di Kabupaten Kudus, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus akan menindaklanjuti Gerakan Belanja Produk UMKM dicanangkan Pemprov Jateng, dengan menyediakan parsel lebaran yang merupakan produk asli UMKM Kudus.

Tujuannya, mendukung percepatan program pemulihan ekonomi nasional serta menumbuhkan budaya bangga menggunakan produk UMKM, khususnya di Kabupaten Kudus sendiri.

Baca juga : Ajak Pejabat Nglarisi Parsel Buatan UMKM Jateng, Ganjar : ‘Berikanlah Kepada yang Butuh’

- Ads Banner -

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengaku, gerakan belanja parsel produk UMKM saat lebaran, pertama kalinya di Kudus. Demi kesuksesan gerakan ini, pihaknya pun telah mengundang UMKM di Kudus terkait rencana ini.

“UMKM kita akan bagi sesuai dengan klusternya. Konsepnya nanti akan kami siapkan parsel dengan harga yang berbeda. Ada yang Rp 300 ribu, Rp 400 ribu dan Rp 500 ribu. Isinya macam-macam yang sejenis,” jelasnya, Rabu (6/4/2022).

Ke depan, pihaknya akan berkomunikasi dengan Bupati Kudus terkait konsep penjualan parsel. Yakni, semacam membuat surat edaran bupati kepada seluruh instansi pemerintah dan swasta di Kudus terkait gerakan yang ada, dengan regulasi dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Demi memastikan produk dalam parsel adalah yang terbaik, seleksi produk pun dilakukan.

“Jadi nanti akan ada seleksi produk UMKM terlebih dahulu. Kami mau produknya yang jelas legalitas usahanya, produknya, dan kriteria lainnya,” ungkapnya.

Disinggung mengenai target parsel yang akan disiapkan, Rini belum bisa memastikannya. Sebab, dari pemrov sendiri tidak mematok batas minimal ataupun maksimal produk parsel yang perlu disiapkan.

Baca juga : Penjualan Parsel Produk UMKM di Jateng Sudah Tembus Rp 560 Juta

Hanya, demi mempermudah para pegawai di lingkup Pemkab Kudus memilih parsel, akan disediakan e-katalog mengenai spesifikasi parsel yang ditawarkan.

“Sekarang kami sudah mulai menyeleksi produk UMKM. Untuk nantinya akan dipaketkan,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler