31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaUMKMKudus Kebagian Rp...

Kudus Kebagian Rp 1 Miliar dari Pemprov Jateng untuk Pengembangan UMKM

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggandeng Bank Jateng menggelontorkan Rp 1 miliar untuk masing-masing kabupaten/kota di Jateng, tak terkecuali Kabupaten Kudus. Bantuan sebesar itu diperuntukkan bagi UMKM dan lainnya. UMKM jadi salah satu sektor yang pegembangannya terus digas untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi.

Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus Agus Sumarsono mengatakan, ada beragam bantuan yang diperuntukkan bagi UMKM tersebut.

Baca juga : Ganjar Gelontorkan Rp35 Miliar untuk Bantu UMKM di 35 Daerah di Jateng

- Ads Banner -

Di antarnya, ada pemberian pinjaman bergilir untuk 265 penerima dengan besaran Rp 1 juta tiap penerima. Kemudian ada pemberian bantuan bunga subsidi, Bunga Nasabah Kredit Mitra Jateng (KMJ) milenial sebesar Rp 1 juta untuk masing-masing nasabah. Totalnya ada 265 nasabah.

Kemudaian, ada juga pembelian produk UMKM sebesar Rp 500 ribu untuk tiap paket yang jumlahnya ada 352 buah.

“Tapi bentuk bantuannya nanti bagaimana, kami masih mempelajari. Surat memang sudah turun, nanti kami akan rapat koordinasi terlebih dahulu,” ungkap Agus saat dimintai keterangan lewat sambungan telepon, Senin (4/4/2022).

Lanjutnya, bantuan Rp 1 miliar tersebut juga akan dipergunakan untuk program sosial lainnya. Sebanyak 294 orang nantinya akan memperoleh bantuan sebesar Rp 1 juta tiap orangnya.

Seperti bantuan subsidi jambanisasi atau sanitasi sehat. Lalu subsidi makanan bergizi untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak di bawah dua tahun yang mengalami stunting. Kemudian untuk beasiswa pendidikan anak yang kurang mampu, serta program sosial kemasyarakatan lainnya.

Baca juga : Ajak Pejabat Nglarisi Parsel Buatan UMKM Jateng, Ganjar : ‘Berikanlah Kepada yang Butuh’

“Bantuan yang ada itu ada potensi ke dinas lain. Seperti ke Dinsos, dan Dinas Kesehatan. Jadi nanti akan ada Bimtek minggu ini. Untuk itu sampai saat ini kami belum ada data penerima yang jelas. Nanti akan kami lakukan pendataan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Di sisi lain, dalam surat yang diterima pihak Pemkab Kudus, dijelaskan bahwa bantuan yang telah dijelaskan dapat diberikan secara proporsional. Pemkab sendiri diberi kewenangan mengajukan permohonan penggunaan seluruh bantuan untuk program pengentasan kemiskinan. Menyesuaikan kebutuhan Pemkab Kudus dengan menunjuk dinas terkait sebagai penanggungjawab penyaluran bantuan yang ada. Dengan tetap dikoordinasikan bersama Bank Jateng cabang Kudus.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler