31 C
Kudus
Rabu, Juni 29, 2022
spot_img
BerandaSOLOIni Titik-Titik Rawan...

Ini Titik-Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik dan Lebaran di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Antusiasme masyarakat yang sangat tinggi diperkirakan Dinas Perhubungan Kota Solo akan menyebabkan kemacetan lalu lintas di berbagai ruas jalan. Data Dishub menyebutkan, beberapa lokasi yang diprediksi akan terjadi kemacetan yaitu pusat perbelanjaan, tempat wisata, simpul transportasi, dan tempat kuliner.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno merinci, beberapa pusat perbelanjaan yang berpotensi menimbulkan kemacetan di antarannya Solo Square, Solo Grand Mall, PGS, BTC, Kawasan Coyudan, Plaza Singosaren, Pasar Legi, dan Pasar Harjodaksino. Sedangkan untuk tempat wisata di antaranya adalah Taman Satwa Taru Jurug, Taman Sunan Jogo Kali, dan Taman Balekambang.

Lalu lintas kendaraan di Palang Pasar Nongko Solo. Foto: Khalim Mahfur.

“Kalau Balekambang mungkin lokasinya agak masuk jadi masih terkendali. Yang wisata  taru  jurug yang memang perlu diwaspadai karena mungkin parkir yang meluber,” ujar Hari saat jumpa pers tentang kesiapan pelaksanaan angkutan lebaran di kantornya, Senin (25/4/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: 7,4 Juta Kendaraan Diprediksi Akan Melintasi Solo saat Arus Mudik

Selain itu, ada simpul transportasi yang juga berpotensi menimbulkan kemacetan, yakni di Terminal Tirtonadi, Stasiun Purwosari, Stasiun Balapan, Stasiun Jebres, dan Fasilitas Integrasi Kerten.

“Terutama di dekat Stasiun Solo Balapan, jika ada kereta yang melintas maka kendaraan yang melintas di jalan harus berhenti sehinngga sering terjdi kemacetan,” katanya.

“Kemudian tempat kuliner yang juga bisa menimbulkan macet adalah Semarak Ramadhan, Pasar Tajil Tiban, Night Market Ngarsopuro, Sate Pak Manto, Adem Ayem, Viens Hasanudin. Di Pasar Besar itu macetnya luar biasa karena menjelang Lebaran,” kata Hari.

Tak hanya itu saja, di jalan-jalan persimpangan di tengah kota juga diprediksi akan tejadi kemacetan. Di antaranya adalah Bundaran Tugu Pamandengan dan Bundaran Pasar Gede, Simpang Farokah, Simpang Kerten, Simpang Gilingan,  Simpang Coyudan, Simpang Dawung, Bundaran Gladag, Simpang Sangkrah, Simpang Ketandan, Simpang Loji Wetan, Simpang Pasar Kliwon, Simpang Klodran, Simpang ABC, Simpang Gendengan, Simpang Nonongan, Simpang Ngemplak, Simpang Tugu Wisnu, Simpang Girimulyo, serta Simpang Mojosongo.

“Yang dari Ngemplak akan kita buat satu arah yang masuk ke Solo. Untuk menghindari kemacetan yang ada di perempatan Pakel itu pakai barikade, tetep dua arah, tapi tidak ada crossing traffic, dimatikan. Itu adalah tempat yang paling macet ketika masuk Solo, karena itu adalah pintu yang paling dekat dengan Solo. Kalau yang Colomadu kan masih jauh,” tambahnya.

Selain persimpangan, kemacetan juga diprediksi terjadi di beberapa perlintasan sebidang, seperti di Jalan S. Parman, Pasar Nongko, Viaduk Gilingan, Urip Sumuharjo, serta Palang Joglo.

Baca juga: Untuk Pemudik, Ini Beberapa Titik Rawan di Jateng yang Perlu Diwaspadai

Lebih lanjut, berdasarkan kajian keselamatan pada 2021 lalu, Hari menyebut ada beberaa lokasi yang rawan kecelakaan, di antaranya adalah Jalan Ir Sutami (Depan SPBU Jurug), Jalan Ahmad Yani (Simpang Ringin Semar), Jalan Slamet Riyadi (Timur Pasar Sidodadi), Jalan Slamet Riyadi (Depan Pengadilan SKA),  Jalan Ir. Juanda (Depan SPBU Pucangsawit), Jalan Ahmad Yani (Simpang Damri), dan Jalan Ahmad Yani (Simpang UTP).

Tidak bisa dipungkiri, hal lain yang menyebabkan sering terjadinya kemacetan adalah pelanggaran parkir. Beberapa lokasi yang sering terjadi pelanggaran parkir adalah di kawasan Pasar Klewer, Plaza Singosaren, Taman balekambang, Solo Square, Solo Grand Mall, Seputaran Alun Alun, Pasar Gede,  TSTJ, dan Luwes Gading.

“Adapun pelanggaran parkir yang dimaksud adalah adalah pelanggaran tarif dan karcis, pelanggaran seragam beserta kelengkapan dan pelanggaraan penataan,” tutup Hari.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler