31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Bubur India, Sajian Menu Buka Puasa yang Khas di Masjid Jami Pekojan Semarang

BETANEWS.ID, SEMARANG – Bubur India merupakan salah satu menu khas dari Masjid Jami Pekojan Semarang, yang hanya ada saat bulan Ramadan. Saking istimewanya, beberapa warga rela antre agar mendapatkan bubur tersebut.

Taufik, adalah salah satu warga Pekojan yang rela antre untuk mendapatkan Bubur India. Dia sudah menjadi langganan setiap bulan Ramadan. Pasalnya, Bubur India mempunyai khasiat tersendiri.

Baca juga : Berburu Takjil Bubur India Khas ala Masjid Pekojan Semarang

“Ini ada rempah-rempahnya juga jadi membuat hangat,” jelasnya saat ditemui di Masjid Jami Pakojan Semarang, Senin (4/4/2022).

Menurutnya, Bubur India rasanya tidak ada yang berubah sejak dulu. Selain rasa, aroma Bubur India juga berbeda jika dibandingkan dengan bubur pada umumnya.

“Jadi ini itu bisa harum, aroma rempahnya itu terasa sekali,” katanya.

Dia pun membawa satu piring yang akan dia makan bersama keluarganya. Baginya, memakan Bubur India sudah seperti tradisi yang harus dilestarikan.

“Ini sebenarnya tradisi aslinya dari keturunan Gujarat India,” paparnya.

Hal yang berbeda dikatakan Adi Mungkas. Bubur India merupakan makanan yang baru dia rasakan sekali dalam seumur hidupnya. Menurutnya, Bubur India berbeda dengan bubur yang lain.

“Aroma rempahnya sangat kental ini,” katanya.

Panitia Ramadan Masjid Jami Pekojan Ahmad Ali (55) mengatakan, Bubur India merupakan tradisi yang dibawa oleh pedagang dari Gujarat.

“Ini sudah ratusan tahun yang lalu,” jelas lelaki keturunan Gujarat itu, Senin (6/4/2022).

Baca juga : Cerita Pewaris Resep Bubur India yang Disajikan Setiap Ramadan di Masjid Pekojan Semarang

Setiap bulan Ramadan, panitia akan membuat ratusan Bubur India yang diberikan secara cuma-cuma kepada warga sekitar dan jemaah yang datang ke masjid.

“Ini ratusan, jumlahnya berapa ya sesuai dengan takaran ya. Soalnya beda-beda, intinya dalam satu hari itu ada ratusan mangkok Bubur India yang kami berikan,”paparnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER