31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaKomunitasPuluhan Lukisan, Patung,...

Puluhan Lukisan, Patung, dan Foto Ciamik Ikuti Pameran Tapak #3 Komunitas Paku

BETANEWS.ID, KUDUS – Komunitas Perupa Kudus (Paku) kembali menggelar pameran di Resto Joglo Sawah, Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Pameran Tapak #3 kali ini menggunakan tema “Tuwuh” yang mempunyai arti tumbuh dan akan berlangsung hingga 7 April mendatang.

Berbeda dari Tapak 1 dan 2 yang memamerkan seni rupa lukisan saja, Komunitas Paku kali ini juga memamerkan seni rupa patung dan Fotografi.

Patung karya anggota Komunitas Paku yang dipamerkan di Resto Joglo Sawah. Foto: Kartika Wulandari.

Menurut Pimpinan Produksi Pameran, Solichin Sakini, total karya yang dipamerkan berjumlah 37 buah, dengan rincian 12 patung, 22 karya lukisan, dan 3 karya fotografi, yang dibuat oleh 12 anggota Komunitas Paku.

- Ads Banner -

Baca juga: Puluhan Lukisan Karya Perupa Kudus Dipamerkan di Joglo Sawahan

“Pematungnya ada 4 orang, pelukisnya ada 7 orang, dan seorang fotografer,” katanya Jumat (25/03/22).

Solichin menjelaskan, tema tuwuh dipilih sebagai tema kelanjutan dari pameran tapak#1 Uplik dan tapak#2 Mili. Tuwuh diartikan sebagai simbol hidup atau tumbuh yang dijadikan sebagai motivasi internal bagi para anggota.

Tuwuh juga dapat diartikan sebagai kependekan dari metu wuhe, yang bermakna sudah berbuah atau makna lebih luasnya sudah menghasilkan.

Baca juga: Melihat Cantiknya Lukisan-Lukisan Perupa Kudus di Resto Joglo Sawah

“Jika dalam siklus hidup berarti sudah mendekati kesempurnaan. Yaitu mulai dari biji atau tunas, proses tumbuh berkembang serta berbunga dan berbuah,” bebernya.

Pihaknya pun berharap, dengan pameran ini, dapat menarik perhatian para generasi milenial agar generasi seniman di Kudus tetap ada.

“Pameran yang sudah kita gelar dari tapak 1 samapi tapak 3 ini merupakan perjalanan kecil untuk nantinya menuju pameran besar yaitu  The Great Exhibition,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler