31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Sopir Truk Ancam Mogok Nasioal Kalau Pemerintah Tak Gubris Tuntutan Mereka

BETANEWS.ID, SEMARANG – Ratusan sopir truk dari berbagai wilayah melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Selasa (22/2/2022). Dalam aksinya, mereka menuntut agar aturan terkait dengan pembatasan dan pelarangan truk over dimension over loading (ODOL) direvisi.

Sopir truk saat melakukan aksi demo tuntut revisi aturan ODOL. Foto: Dafi Yusuf.

Jika pemerintah tidak merevisi aturan terkait dengan ODOL tersebut, mereka mengancam akan melakukan aksi mogok nasional.

Baca juga : Sopir Truk Geruduk Kantor DPRD Kudus dan Blokade Jalur Pantura

-Advertisement-

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Independent (API) Jateng Suroso mengatakan, pihaknya akan melakukan aksi mogok di seluruh Indonesia jika aspirasi pengemudi soal ODOL tak digubris oleh pemerintah.

“Kita sudah berkomunikasi, kita akan aksi mogok secara nasional jika tak digubris,” jelasnya saat ditemui di depan Kantor Dinas Perhubungan Jateng.

Dia mengklaim, semua pengemudi di Indonesia sudah sepakat untuk melakukan penolakan pada peraturan tersebut. Jika tidak, maka akan terjadi gelombang penolakan yang lebih besar lagi.

“Ini kita sudah berkoordinasi seluruh Indonesia untuk meminta agar pemerintah segera melakukan revisi,” paparnya.

Baca juga : Ribuan Sopir dan Awak Truk Konvoi Tolak RUU ODOL Buat Jalanan Kudus Macet

Selain itu, pihaknya juga meminta agar pemerintah memberikan solusi terhadap permasalahan yang selama ini dialami oleh pengemudi, baik ketika di jalan maupun tidak.

“Kondisi pengemudi sudah memperihatinkan sejak pandemi,” katanya.

Dia berharap, pemerintah tak menerbitkan aturan yang justru menambah penderitaan pengemudi selama pandemi. Jalan satu-satunya, menurutnya adalah dengan direvisinya aturan ODOL.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER