31 C
Kudus
Minggu, Januari 23, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPokdarwis Singo Barong...

Pokdarwis Singo Barong Gelar Kirab Budaya Nyeblok Nanas

BETANEWS.ID, KUDUS – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Singo Barong Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus, menggelar Perayaan Tandur dan Kirab Budaya Nyeblok Nanas, pada Kamis (7/10/2021).

Kepala Desa Pedawang Sofian Alfianto mengatakan, acara Perayaan Tandur dan Kirab Budaya Nyeblok Nanas tersebut, baru kali pertama dilaksanakan di desanya.

Baca juga : Baru Dua Pekan Produksi, Manisan Nanas Buatan Yanti Ramai Diburu Pembeli

- Ads Banner -

“Sebenarnya kegiatan penanaman buah nanas ini sudah lama direncanakan oleh Pokdarwis Singo Barong. Tetapi baru bisa terlaksana hari ini dan saya sebagai kepala desa sangat mendukung kegiatan ini,” ungkapnya.

Untuk rangkaian kegiatan, kata Sofian, yakni, pertama kirab budaya, kemudian prosesi doa bersama, bancakan sega bancuk, makan bersama, atraksi barongan dan penanaman bibit secara simbolis.

Menurutnya, bibit nanas yang ditanam hari ini ada sekitar 1.500 dari 8 macam jenis nanas. Antaranya, nanas madu Palembang, nanas Siak Riau, nanas madu Pemalang, nanas merah, nanas mbing-mbing, nanas Subang, nanas Blitar dan nanas queen Prabumulih.

Sofian menjelaskan, nantinya, kebun nanas tersebut akan dijadikan sebagai tempat edukasi pariwisata khas Desa Pedawang.

“Karena selama ini di desa kami hanya ditanami tebu dan singkong. Ketika panen juga sering rugi, makanya kami mencoba untuk menanami nanas yang siklus tanahnya hampir sama dengan daerah Pemalang, Siak dan Prabumulih,” jelasnya.

Baca juga : Pertama di Indonesia, Olahan Sari Kulit Nanas Buatan Yanti Ini Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Sementara itu, Rubiyanti, Ketua Pelaksana Pokdarwis Singo Barong mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa mengangkat perekonomian masyarakat Desa Pedawang dan dapat meneruskan tradisi di Desa Pedawang.

“Saya memberikan target, Desa Pedawang itu memang sudah ada tradisi nanas bing- bing yang setiap ada orang lahiran, ari-arinya harus ditanam. Nah ini ketika kita cari tau kepada leluhur kami, nanas itu simbol keberkahan, di mana durinya itu untuk mengamankan buahnya, lalu untuk kesehatan nanas sendiri itu sangat luar biasa, antioksidan tinggi,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 12 - Banjir Abadi di Wilayah Bekas Selat Muria (Kudus dan Pati)

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,340PengikutMengikuti
75,048PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler