31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaKUDUSBupati Kudus Serahkan...

Bupati Kudus Serahkan Dana Banpol ke Sembilan Parpol

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus memberikan bantuan keuangan untuk Partai Politik (banpol) tahun anggaran 2021. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kudus HM Hartopo di Pendopo Kabupaten Kudus, Rabu (13/10/2021).

Adapun anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1,2 miliar untuk diberikan kepada 10 parpol peraih kursi di DPRD Kudus. Sedangkan nilai bantuan keuangan untuk masing-masing parpol sesuai jumlah perolehan suara dengan nilai bantuan per suara Rp 2.550.

Bupati Hartopo menyerahkan dana banpol ke sembilan partai politik di Pendapa Kudus. Foto: Ist.

Penerima bantuan terbesar yaitu PDIP dengan Rp 219,47 juta, disusul PKB Rp 193,19 juta, Partai Gerindra Rp 181,68 juta, Partai Golkar Rp 159,53 juta, Partai Nasdem Rp 87,38 juta, PAN Rp76,87 juta, PKS Rp 88,1 juta, PPP Rp73,89 juta, Partai Hanura Rp 70,22 juta, dan Partai Demokrat ketika nanti mengajukan mendapatkan bantuan Rp 51,26 juta.

- Ads Banner -

Baca juga: Angka Kematian Ibu dan Bayi Meningkat, Hartopo Minta Evaluasi Secara Menyeluruh

Hartopo mengatakan, partai politik di Indonesia memiliki peranan yang sangat strategis dalam sistem demokrasi. Oleh karena itu, peran yang dijalankan oleh partai politik tentunya harus disertai tanggung jawab untuk terus melakukan proses pembangunan politik.

“Hal ini dapat dilakukan dengan cara mewujudkan sistem politik demokratis yang dekat dengan masyarakat, artinya sistem politik harus bersifat mendidik serta peka terhadap permasalahan masyarakat. Selain itu, harus mampu menjaga dan memelihara stabilitas nasional dan daerah,” jelasnya.

Maka dari itu, bantuan partai politik ini pada dasarnya diberikan untuk mendukung kinerja partai politik agar dapat digunakan sebaik-baiknya, juga diharap dapat digunakan untuk prioritas pendidikan politik bagi anggotanya.

Baca juga: Minimalkan Kendala NIK, Vaksinasi Lansia di Kudus Akan Libatkan Disdukcapil

“Bantuan ini diberikan dalam rangka untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, terutama dalam hal pendidikan politik,” terangnya.

Hartopo juga berpesan, seluruh partai dapat memasukkan laporan pertanggungjawaban sebagai realisasi dari bantuan hibah tersebut dengan tepat waktu. 

“Peran yang dijalankan partai politik tentunya disertai tanggung jawab untuk terus melakukan proses pembangunan politik. Maka dari itu, Parpol harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran bantuan keuangan parpol yang bersumber dari APBN/APBD secara tepat waktu. Saya yakin hal tersebut dapat dipenuhi demi transparansi dan akuntabilitas pengelolaan partai politik,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler