31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaSEMARANGSertifikat Vaksin Akan...

Sertifikat Vaksin Akan Jadi Syarat Masuk Mapolda Jateng

BETANEWS.ID, SEMARANG – Polda Jawa Tengah akan memberlakukan barcode pada aplikasi PeduliLindungi bagi seluruh anggota dan tamu yang datang ke Mapolda Jateng.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, kebijakan itu diambil Polda Jateng sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam penerapan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021.

Baca juga : Polda Jateng Gelar Vaksinasi Candi Merdeka, Siapkan 1.348.000 Vaksin untuk Warga

- Ads Banner -

“Peraturan tersebut mengatur tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali,” jelasnya, Senin (20/9/2021).

Dijelaskannya, salah satu penyesuaiannya dalam aturan itu adalah, masyarakat di Jawa-Bali wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dalam melakukan sejumlah kegiatan.

“Seperti kita saat akan masuk mal, kita lebih dulu wajib scan barcode yang ada pada aplikasi PeduliLindungi. Itu implementasi Inmendagri di atas,” katanya.

Menurutnya, kebijakan tersebut tak hanya berlaku di mal saja, namun berlaku pula di semua fasilitas yang sering dikunjungi masyarakat atau pemusatan massa.

“Maka dari itu, Polda Jateng melakukan aksi proaktif untuk mendukung implementasi Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 dengan mewajibkan scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi bagi seluruh anggota dan tamu,” paparnya.

Baca juga : Polda Jateng Luncurkan Program Aku Sedulurmu untuk Bantu Anak Yatim Terdampak Pandemi

Iqbal menuturkan, dengan kewajiban menunjukkan aplikasi peduli lindungi dan scan barcode bagi tamu dan anggota ini, akan ada proses tracing. Dari scan barcode itu, petugas bisa melihat riwayat vaksinasi para tamu dan angggota.

“Pada setiap sektor Mapolda yang ditentukan, akan ada barcode PeduliLindungi dan provos yang mengawasi,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler