31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaPendidikanNadiem Beberkan Penyebab...

Nadiem Beberkan Penyebab Banyak Lulusan SMK Nganggur

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim membeberkan penyebab banyak lulusan SMK menganggur. Selain ada kesenjangan antar SMK, gap antar kompetensi yang dibutuhkan dengan yang dipelajari di sekolah juga jadi hambatan utama. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang begitu cepat, sekolah dituntut bisa meneyesuaikan diri.

“Jadi kita bukan hanya butuh kolaborasi yang lebih erat, kita butuh kolaborasi holistic, di mana industri lah yang memimpin proses pembelajaran kurikulum, praktisi, dan peningkatan kompetensi guru-gurunya juga,” tuturnya saat meresmikan renovasi ruang praktek siswa dan ruang teori siswa SMK N 2, SMK N 5, dan SMK N 6 Solo, Senin (13/9/2021).

Untuk mengatasi itu, Kemendikbud-Ristek saat ini menjadikan revitalisasi pendidikan vokasi sebagai salah satu prioritas merdeka belajar. Tidak hanya di revitalisasi gedung-gedung, Nadiem mengatakan bahwa revitalisasi juga dilakukan pada software, sumber daya manusia (SDM), serta proses pembelajarannya.

- Ads Banner -

Baca juga: Nadiem Sebut Fleksibilitas Kurikulum Pembelajaran Bisa Jadi Cara Cepat Eksplor Talenta Siswa

“Semoga ini dapat diteruskan ke SMK-SMK lain yang memerlukan. Kalau butuh bantuan apapun dari kementerian, tolong kasih tahu kita apa yang dibutuhkan. Ini tantangan kita membenahi kondisi SMK,” tambahnya.

Nadiem berharap, dengan adanya mentor-mentor dari dunia industri yang langsung turun dan melakukan pembinaan secara periodik pada murid SMK 2, 5 dan 6, bisa menjadi contoh inspiratif bagi SMK lain yang sedang berusaha.

“tapi tidak semua SMK seberuntung SMK di sini. Banyak SMK-SMK yang membutuhkan panduan dan bantuan untuk menjodohkan mereka dengan industri yang tepat. Banyak yang tidak punya fasilitas sama sekali. Bahkan banyak yang pengajarnya tidak dari praktisi industri. Itulah kesenjangan yang sebenarnya yang harus kita tutup,” tandas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler