31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaBISNISMantapnya Cita Rasa...

Mantapnya Cita Rasa Kopi Zayna yang Tembus Pasar Hong Kong

BETANEWS.ID, KUDUS – Sedikit demi sedikit biji kopi dalam wadah plastik cukup besar itu dimasukkan ke dalam mesin penggiling oleh seorang pria bertopi. Dengan cekatan, tangannya itu berpindah-pindah mulai dari memasukkan biji kopi hingga memeriksa hasil penggilingan. Setelah semua tergiling, ia lantas membuka kantong kain berisi kopi bubuk di bagian bawah penggilingan.

Hari itu, seperti hari-hari sebelumnya, rumah produksi kopi di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu padat dengan aktivitas pengolahan kopi. Jika pria bertopi di bagian belakang rumah sedang menggiling kopi, di bagian depan rumah tampak beberapa orang sedang membungkus kopi bermerek Kopi Zayna itu.

Ridho sedang menuang air panas untuk menyeduh kopi di tempat produksi Kopi Zayna. Foto: Kartika Wulandari.

Pemilik Kopi Zayna, Muhamad Abdul Hamid Ridho (33) mengatakan, di bisnis kopi yang ia geluti sejak dua tahun lalu itu, ia menyediakan empat varian kopi yang bisa dipilih konsumen. Jenisnya adalah kopi robusta natural, robusta honey, full wash, dan wine.

- Ads Banner -

Baca juga: Ndaoleng, Kopi Robusta dengan Cita Rasa Khas Muria

“Awalnya hanya produksi robusta natural saja. Karena banyak peminatnya, kemudian tahun 2021 ini saya menambahk tiga varian lagi,” ungkapnya saat ditemui, Selasa (27/7/2021).

Ridho sapaan akrabnya, lantas menjelaskan perbedaan keempat jenis kopinya itu. Untuk robusta natural, kopi ini memiliki cita rasa yang asam dan pahit. Kemudian untuk robusta honey mempunyai cita rasa manis yang berasal dari getah asli biji kopi saat dipisahkan saat proses pengeringan.

“Kalau honey, mempunyai rasa manis karena sebelum dikeringkan, biji kopi dipisahkan dahulu dengan kulitnya kemudiaan baru dikeringkan. Nah, lendir itulah yang menciptakan rasa manis,” jelasnya.

Selanjutnya untuk kopi wine mempunyai rasa asam tetapi tidak memabukan. Karena rasa asam ini diperoleh dari hasil fermentasi. Sedangkan robusta full wash, kopi ini mempunyai rasa yang lebih ringan, sehingga aman untuk penderita maag.

“Kita pengemasannya mulai dari 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1 kilogram,” rinci Ridho.

Baca juga: Tulenia, Kopi Tulen Khas Pegunungan Muria

Untuk pemasaran, selain menjual via online di media sosial, dia juga sudah memiliki pelanggan yang tersebar di Jakarta, Kediri, Semarang, Pati, Grobogan, dan Purwodadi. Belum lama ini, produk Zayna miliknya juga bisa tembus hingga pasar luar negeri, tepatnya di Hong Kong.

“Dalam satu bulan, saya bisa menjual hingga 25 kilogram bubuk maupun biji kopi, dengan harga mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 300 ribu,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler