31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Mendekati Iduladha, Harga Kerbau Kurban di Kudus Naik Hingga Rp 3 Juta

BETANEWS.ID, KUDUS – Pasar Ternak di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus hari itu sangat ramai. Ratusan ternak tampak dijajakan di pasar yang berada di tepi Jalan Lingkar Timur Kudus tersebut. Di antaranya kerbau, sapi dan kambing yang disediakan untuk kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijiriyah. Meski masih pandemi dan PPKM Darurat harga hewan kurban naik cukup signifikan.

Satu di antara bakul kerbau yakni Masrum (57) menuturkan, meski masih pandemi dan ada PPKM Darurat yang mengakibatkan ekonomi sulit, tapi hal itu tak membuat harga hewan kurban di Kudus mengalami penurunan, khususnya kerbau jelang Hari Raya Idul Adha tahun.

“Harga ternak untuk kurban jelang Hari Raya Iduladha tahun ini rata – rata naik. Khusus ternak yang saya jual yakni kerbau naiknya Rp 3 juta per ekor,” ujar Masrum kepada Betanews, Selasa (13/7/2021).

-Advertisement-
Widodo, salah satu penjual kambing kurban di pasar ternak. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Pastikan Laik Konsumsi, Kesehatan Hewan Kurban di Kudus Dipantau Ketat

Pria warga Desa Sukolilo, Kabupaten Pati itu menuturkan, meski harga ternak untuk kurban naik, tapi hal itu tak berpengaruh pada penjualan yang menurun. Penjualan ternak kurban jelang Idul Adha tahun ini juga bagus. Ia pun mengaku, harga kerbau yang dijualnya berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 42 juta per ekor.

“Orang kurban itu kebanyakan tidak lihat harga mahal atau tidak. Meskipun mahal, ada hewannya tetap dibeli. Sebab kurban itu urusan agama. Apalagi sekarang kan banyak yang kurban dengan sistem patungan,” bebernya.

Untuk kerbau yang paling laris, tuturnya, itu yang harganya kisaran Rp 23 juta sampai Rp 25 juta per ekor. Menurutnya, penjualan kerbau jelang hari kurban tahun ini juga bagus. Masih pagi saja kerbau Masrum sudah laku delapan ekor dari 20 ekor yang dijual di Pasar Ternak Kudus.

“Kemungkinan nanti ada yang terjual lagi. Ini saya juga sebenarnya sibuk melayani calon pembeli,” beber pria yang sudah menekuni bakul ternak selama 40 tahun tersebut.

Hal yang sama juga diungkap oleh Widodo. Dia menuturkan, sama dengan kerbau, harga kambing jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini juga mengalami kenaikan. Menurutnya kenaikan per ekor kambing kurban antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

“Harga kambing juga naik. Sebab memang harganya memang sudah naik dari peternaknya,” ujar Widodo yang tercatat sebagai warga Dempet, Kabupaten Demak.

Widodo mengaku, demi mendapatkan kambing berkualitas dirinya sampai mencari kambing dari Malang, daerah Lereng Gunung Semeru. Menurutnya, setali uang dengan kerbau, meski masih pandemi penjualan kambing untuk kurban tahun ini juga bagus bahkan ada kenaikan.

Baca juga : Sepekan Jelang Iduladha, Pasokan Hewan Kurban di Jateng Cukup Melimpah

“Tidak ada efek dari pandemi, jualan kambing saya tetap bagus. Ini malah penjualannya ada kenaikan sekitar 25 persen dibanding tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dia mengatakan, membawa kambing 42 ekor ke Pasar Ternak Kudus. Dari jumlahnya tersebut sudah terjual 15 ekor. Sedangkan harga kambing yang dijualnya cukup variatif, antara Rp 2,8 juta sampai Rp 7 juta per ekor. Harga tergantung besar dan kecil kambing.

“Kalau kambing yang paling laris untuk kurban itu yang harganya kisaran Rp 5 juta per ekor. Tidak terlalu besar dan terlalu kecil,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER